Intelejen 8 Kabupaten Rapatkan Barisan Wujudkan Kondusivitas Wilayah

Kabupaten Banyumas

Intelejen memiliki fungsi yang sangat penting untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan, khususnya menjaga serta memelihara kedaulatan, persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Maka aparat intelejen harus jeli mendeteksi sedini mungkin setiap hal yang dapat merugikan dan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, antara lain terkait narkoba, kriminalitas, terorisme, serta berbagai permasalahan sosial yang rentan menimbulkan konflik horizontal.

Demikian diungkapkan Bupati Banyumas, Drs. Mardjoko, MM dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Banyumas, Ir. Mayangkoro, saat membuka Pertemuan Komunikasi Intelejen Daerah (Kominda) Lintas Daerah Berbatasan Banyumas Tahun 2012 yang diselenggarakan di Hotel Moroseneng Baturraden Banyumas, Kamis (8/11) kemarin.

Pertemuan diikuti oleh 100 orang peserta, terdiri dari ketua dan anggota Kominda dari 8 kabupaten yang berbatasan Banyumas, yaitu Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Pemalang, Tegal dan Brebes. Hadir menyampaikan materi antara lain Kepala Harian Kominda Banyumas, Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Harian Kominda Provinsi Jawa Tengah.

Bupati mengatakan, dunia intelijen juga perlu mewaspadai dan mengambil langkah antisipasi terhadap perkembangan situasi dan kondisi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang saat ini menghadapi empat krisis,  yaitu krisis jati diri, krisis ideologi, krisis karakter dan krisis kepercayaan agar tidak berbias menjadi konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Keberadaan Kominda menurutnya sangat diperlukan untuk membina dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dari kemungkinan timbulnya ancaman stabilitas nasional. Selain menjadi sarana untuk saling bertukar data dan informasi, Kominda juga membantu pemda dalam merencanakan, mencari, mengumpulkan, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan informasi intelejen dari berbagai sumber mengenai potensi, gejala atau peristiwa yang menjadi ancaman stabilitas nasional di daerah.

Bupati memandang perlunya terus dijaga dan ditingkatkan kerjasama, kekompakan dan sinergitas Kominda di masing-masing daerah, serta koordinasi dan kerjasama antar Kominda daerah, termasuk memberdayakan forum kebersamaan masyarakat. Ini semua perlu dilakukan, agar masyarakat merasa nyaman dengan kondisi keamanan dan ketertiban daerah, sehingga mereka mampu beraktivitas dan bekerja dengan baik, yang muaranya berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran.

Di akhir sambutannya Bupati berharap, pertemuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para peserta untuk bersilaturahmi, bertukar informasi dan pengalaman, serta menyamakan visi dan persepsi terkait tugas-tugas Kominda, sekaligus membangun kerjasama dan sinergitas Kominda dalam rangka mewujudkan ketertiban, keamanan dan kondusivitas wilayah.


08 11 2012 14:56:03