Peringatan HUT ke-41 Korpri Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas

KORPRI harus menjadi kekuatan utama yang menjamin bahwa semua anggaran negara sepenuhnya digunakan untuk kepentingan pembangunan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Anggota KORPRI harus menghindarkan diri dan mencegah terjadinya tindak pidana korupsi oleh aparatur pemerintah negara, karena pada hakekatnya, esensi dari reformasi birokrasi adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Demikian sebagian petikan sambutan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono selaku Penasehat Nasional Korpri yang dibacakan oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM, saat menjadi inspektur pada Upacara Hari Ulang Tahun ke-41 KORPRI Tahun 2012 tingkat Kabupaten Banyumas, yang digelar di GOR Satria Purwokerto, Kamis (29/11)

Dalam sambutannya Presiden SBY juga menegaskan, bahwa anggota KORPRI mempunyai tugas untuk meningkatkan komitmen pemberian layanan publik yang terbaik bagi masyarakat, pelayanan publik yang betul-betul merupakan wujud dari nilai-nilai dan esensi tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.

Secara spesifik SBY juga menyampaikan 4 pesan, pertama supaya anggota KORPRI meningkatkan kinerja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam menjalankan kebijakan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun di daerah. “Pastikan rakyat benar-benar dapat merasakan manfaat dari berbagai kebijakan pembangunan yang digulirkan pemerintah”, katanya.

Kedua, anggota KORPRI supaya memperkokoh netralitas di tengah dinamika politik saat ini, utamanya terkait Pilkada di berbagai daerah. “Tampilkan KORPRI sebagai organisasi kedinasan yang netral dan profesional. Hindarkan praktik-praktik politik praktis, pelihara dedikasi, integritas, dan loyalitas yang tinggi. Pastikan Loyalitas KOPRI hanya tegak lurus kepada bangsa dan negara”, pesannya.

Ketiga, anggota KORPRI supaya menuntaskan reformasi birokrasi untuk memantapkan postur pemerintahan yang bersih dan berwibawa. “Anggota KORPRI supaya meningkatkan profesionalisme dan kompetensi. Ciptakan birokrasi yang mampu memberikan pelayanan publik yang profesional”, tegasnya.

Keempat, di tengah momentum percepatan pembangunan saat ini, anggota KORPRI supaya melaksanakan tugas dan pengabdian dengan penuh tanggung jawab. Saat ini, kata SBY, harapan rakyat kepada pemerintah sangat tinggi. Anggota KORPRI supaya jangan mengecewakan rakyat, bekerja segiat mungkin, berikhtiar dengan penuh disiplin, dan menjadikan tugas pengabdian sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan YME.

Di akhir sambutannya SBY meminta agar anggota KORPRI dapat memberikan keteladanan di tengah-tengah kehidupan masyarakat  dengan menciptakan kehidupan yang damai, toleran dan harmonis. “Jadilah perekat bagi solidaritas dan solidaritas di kalangan masyarakat” pesannya.

Selain para anggota KORPRI dari berbagai dinas/instansi di Kabupaten Banyumas, upacara peringatan HUT KORPRI ke-41 dihadiri antara lain oleh jajaran DPRD Kabupaten Banyumas, pimpinan unit instansi vertikal, para pejabat di lingkungan Pemkab Banyumas, para kepala BUMN, BUMD dan BUMS, pimpinan Perguruan Tinggi di wilayah Kabupaten Banyumas.

Usai upacara, Bupati Mardjoko melakukan penyerahan dana pensiun dan penghargaan kelurahan dengan unit pelayanan terbaik, serta bantuan pendidikan kepada anak-anak anggota KORPRI Kabupaten Banyumas.


30 11 2012 14:56:16