AJIBARANG JUARA UMUM JUMBARA PMR

Kabupaten Banyumas

 

AJIBARANG JUARA UMUM JUMBARA PMR

 

BANYUMAS : SMP Negeri 1 Ajibarang dan SMA Negeri Ajibarang meraij Juara Umum pada  kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Cabang Banyumas. Kegiatan yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Banyumas di Lapangan Desa Pamijen Kecamatan Baturraden, dibuka oleh Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan, Jum’at (26/8/2016) ditutup Senin (29/8/2016) oleh Wakil Bupati. 

 

Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan mengatakan Jumbara merupakan ajang bagi Palang Merah Remaja untuk saling berbagi, melakukan evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dalam suasana gembira, bersahabat, dan partisipatif.

 

Dengan kegiatan seperti ini, akan meningkatkan karakter kepalangmerahan serta peranan remaja PMI sebagai pendidik sebaya melalui pendekatan ketrampilan hidup. “Beruntunglah PMI Banyumas mempunyai relawan relawan yang siap untuk membantu menangani masalah kemanusiaan” kata dr Budhi.

 

Ketua PMI Cabang Banyumas Dibyo Yuwono mengatakan kegiatan Jumbara PMR merupakan bagian dari strategi pembinaan remaja yang dilakukan oleh Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. “PMI senantiasa terus mengajak para remaja untuk dapat bergabung sebagai anggota PMR di sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sejak dini,” kata Dibyo.

 

Ketua Panitia Putut Aji Santosa, S.Pd dalam laporanya mengatakan kegiatan diikuti 88 PMR terdiri 32 PMR Wira dan 56 PMR Madya atau 1.848 peserta.

 

“Peserta Jumbara yang mewakili sekolah mengikuti berbagai lomba antara lain kepalangmerahan, kepemimpinan, pertolongan pertama, sanitasi dan kesehatan, kesehatan remaja, siaga bencana, donor darah sukarela dan game kepalang merahan,” kata Putut.

 

Hasil lengkap Jumbara PMR Madya Juara Umum I SMP N 1 Ajibarang, Juara II SMP N 2 Ajibarang dan Juara III SMP N 2 Wangon.

 

Sedangkan PMR Wira Juara Umum I SMA N Ajibarang, Juara II SMA N 5 Purwokerto dan Juara III SMA N 2 Purwokerto.

 

 


Selasa, 30 Agustus 2016