PEMUDA REMPOAH GELAR DONOR DARAH

Kabupaten Banyumas

PEMUDA REMPOAH GELAR DONOR DARAH

 

Pemuda Desa Rempoah Kecamatan Baturraden yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Rempoah (KOPER), mengelar kegiatan donor darah Rabu malam (20/9) di Rumah Praktek dr Tangguh. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun organisasi Koper yang ke 4.

Ketua Koper Andi Prihantoro mengatakan kegiatan donor darah merupakan kegiatan sosial, dalam rangka rangkaian kegiatan ulang tahun organisasi yang dipimpinnya. Namun demikian kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin organisasi dalam rangka membantu sesama terutama yang membutuhkan darah.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Koper. Namun cukup mendapat tanggapan positif, baik dari anggota maupun masyarakat Rempoah, hal ini terbukti dengan hadirnya puluhan warga, walaupun baru berhasil diambil darahnya sebanyak 27 orang,” katanya.   

Andi sengaja memilih pelaksanaan donor darah dilaksanakan pada malam hari, mengingat sebagian besar anggotanya adalah pekerja. Dan pada pelaksanaan mendatang, organisasinya akan semakin meningkatkan publikasi agar keikutsertaan masyarakat semakin bertambah

“Kegiatan donor darah ini adalah awal kegiatan sosial kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Koper, dan saya berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah positif bagi warga untuk kemanusiaan”, tambahnya.

Ketua PMI Kecamatan Baturaden Parsito menyebut Koper menjadi Kelompok Donor Darah Sukarela (KDDS) baru di Kecamatan Baturraden. Menurutnya perlu sosialisasi yang cukup, suatu kelompok dapat membentuk KDDS, selain masih kurang pahamnya masyarakat tentang donor darah, rasa takut juga syarat yang ditentukan minimal ada 60 calon pendonor.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Koper selaku penyelengara dan juga kehadiran pemuda dan masyarakat Rempoah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Saya berharap ini dapat menginspirasi kepada komunitas lainya di Baturaden untuk membentuk KDDS, agar ketersediaan darah di PMI dapat terjaga,” kata Parsito.


Senin, 25 September 2017