TMMD Sengkuyung II dibuka PLH Bupati

Kabupaten Banyumas

 

TMMD Sengkuyung II dibuka PLH Bupati

 

Plh Bupati Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono M.Si memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Selasa (10/7) di Desa Sawangan Kecamatan Ajibarang. Kegiatan TMMD ini akan berlangsung sampai dengan 8 Agustus mendatang.

Plh Bupati Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono M.Si saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah mengatakan TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong-royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, dan lain-lain.

“Saya selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan, sebagaimana TMMD. Membangun jalan dan jembatan bebarengan. Sudah banyak yang temoto dan sangat membantu aksesîbilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya. Kemudian memugar rtlh, membangun jambanisasi, ataupun sanitasi. Sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat,” katanya

Menurutnya, TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa. tapi, dalam tmmd juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

“Kita ingin rakyat makin sejahtera dan mandiri. Kita juga ingin rakyat punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa. Begitu pun kalau rakyat ditanya, tentu mereka juga menginginkan kehidupan yang sejahtera. Pun saya yakin mereka juga ingin memberi banyak kontribusi bagi negeri. Itulah satu keinginan dan satu tujuan yang harus diintegrasikan dalam satu langkah nyata untuk membangun desa, dan kehidupan rakyatnya yang makin baik, layak, sehat dan sejahtera lahir maupun batin,” lanjutnya

Dandim 0701 Banyumas Letkol Wahyu Ramadhanus Suryawan mengatakan kegiatan TMMD melibatkan 100 personil TNI, serta dibantu oleh anggota Kepolisian, Satpol PP, organisasi kemasyarakatan dan juga masyarakat. Dalam program TMMD kali ini akan membangun jalan dengan panjang 2 KM dan lebar 2,5 meter, benah rumah 6 unit dan juga benah tempat ibadah.

“Khusus untuk pembangunan dan pengaspalan jalan sepanjang 2 KM, sudah dilaksanakan satu minggu lalu, dengan target akhir pelaksanaan TMMD bisa diselesaikan. Pembangunan ini sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dengan cara melaksanakan bakti TNI dalam program TMMD,”kata  Dandim

Sementara itu, Kepala Desa Sawangan Karsim Ahmad Muchlasin mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan TMMD di Desanya, terutama pembangunan jalan, yang sebelumnya hanya jalan setapak dengan lebar sekitar 1 M.

“Sebelumnya jalan tersebut jalan tanah, masyarakat mengira akan dibiarkan begitu saja. Sehingga lebarnya semakin kecil, dengan adanya TMMD sekarang sudah lebar 4 meter terus yang diaspal 2,5 meter, masyarakat dengan sukarela merelakan tanahnya untuk pelabaran jalan hingga 3 meter,”kata Karsim.

Selain sejumlah pembangunan fisik dalam pelaksanaan TMMD ini, juga diadakan pasar murah, penyuluhan dan pembangunan karakter warga masyarakat, khususnya generasi milenial.

 


Rabu, 11 Juli 2018