MERIAH BANYUMAS WERA DIGELAR MINGGU 15 DESEMBER

Kabupaten Banyumas

MERIAH BANYUMAS WERA DIGELAR MINGGU 15 DESEMBER

 

Agenda wisata berupa karnaval jalanan Kabupaten Banyumas yaitu Banyumas Extravaganza, mulai tahun 2019 berubah nama menjadi Banyumas Wera, hal teresebut dikarenakan sebagai ujud menciptakan budaya khas bahasa Banyumasan  digelar Minggu 15 Desember 2019. Sebanyak 51 peserta ikut meramaikan karnaval jalanan yang diberangkatkan dari Depan Gedung Bioskop Rajawali kurang lebih jam 09.00 WIB dan finis di Alun-alun Purwokerto.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Asis Kusumandani mengatakan, meski mengalami perubahan nama, pertunjukkan tersebut tidak mengalami perubahan konsep secara mendasar. Hanya saja, pada penyelenggaraan tahun ini, lebih menekankan pada pelibatan seniman.

"Konsepnya kali ini batik Banyumasan. Tahun depan kita persiapkan konsep yang lebih menarik," ujarnya.

Asis berharap perubahan nama itu mengakhiri polemik, karena Banyumas Ekstravaganza dianggap mengekor festival di daerah lain, keinggris-inggrisan dan lain sebagainya. Pemilihan nama “Banyumas Wera” menurut Asis, telah melewati sejumlah pertimbangan dari berbagai pihak dan dianggap lebih mewakili budaya Banyumas.

"Wera itu artinya "bagus", bisa juga indah atau elok. Dalam keseharian dalam dialek banyumas jarang digunakan. Namun beberapa orang masih sering mengucap, Contohnya, 'wera pisan lho'," katanya

Juara

Untuk Katagori Pelajar atau Kelompok A sebagai Juara 1 Nomor Undi 13 dari SMP Negeri 7 Purwokerto dengan total nilai 1251, Juara dua Nomor Undi 03 dari SMA Negeri Ajibarang dengan nilai 1247, juara ke 3 Nomor Undi 10 dari SMP Negeri I Purwokerto dengan total nilai 1240.

Sedang Juara Harapan I dari SMK Bhakti Purwokerto berturut turut Juara Harapan II SMP II Purwokerto .

Kelompok B Juara I Kecamatan Purwokerto Selatan nilai 1265 , Juara II Kecamatan Banyumas nilai 1261, Juara III Kecamatan Kalibagor nilai 1257, Juara Harapan I Kecamatan Pekuncen nilai 125, Juara Harapan II Kecamatan Rawalo nilai 1249.

Kelompok C Juara I PDAMnilai 1245, Juara II Sanggar Seni Kala Mangsa nilai 1239, Juara III Oemah Mahar nilai 1234 Juara Harapan I Seascoot nilai 1231, Juara Harapan II RSU Elisabeth nilai 1227


Senin, 16 Desember 2019