SUKSES DALAM KOMUNIKASI DAN PRESENTASI

Kabupaten Banyumas

Oleh

Goto Kuswanto,SIP.MM

Widyaiswara

Abstrack

Sesorang yang mampu berkomunikasi/berbicara dengan baik didepan umum dapat menyampaikan pesannya kepada pendengar. Bila ia berbicara kepada anak anaknya, mereka akan mendengar dan memahami maksudnya, dan metika ia membahas pelajaran depan kelas, forum ia pun bias menggerakan murid/ peserta kea rah yang dikatakannya. Pembicara yang baik akan mudah menyampaikan pandangannya dan didengarkan  oleh partner bicaranya. Sebelum melangkah lebih jauh,  mari kita melihat dan memahami apa itu  makna kominikasi dan presentasi.  Komunikasi pada hakekatnya sudah menjadi sebagian besar dari aktivitas kita sehari hari, mulai dari antar teman,  pribadi, kelompok oragniasasi atau massa.  Secara sederhana ,kegiatan Komunikasi dipahami sebagai kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan atau ide dari satu pihak kepada pihak lain, dengan tujuan tercapainya kesamaan  pandangan atau ide yang dipertukarkan tersebut.

Kata  Kunci:  Sukses, Berkomunikasi, Presentasi

 

Hampir disetiap kesempatan kita memiliki peluang untuk terlibat dalam pembicaraan public, entah berbicara di telpon, berbicara dengan teman,pasangan, anak, pegawai, tetangga, atasan sampai orang asing sekalipun. Peluang kita untuk berkomunikasi/berbicara sangat besar dan terbuka namun coba kita lihat banyak Eksekutif, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, dosen, pengusaha, peneliti, penyuluh,  widyaiswara dan profesi lainnya takutgagal berbicara didepan rekan rekan, kolega, staf, pelanggan, mahasiswa dan kelompok penting lainnya.Tidak setiap orang dapat berbicara didepan banyak orang, setiap orang tidaklah sama. Cara sesorang berbicara, menanggapi dan berkomunikasi akan berbeda. Demikian pula sewaktu membawakan presentasi. Jati diri sipenyanji/presenter akan mengisi ruang paling personal audensi dan audensi akan menangkap secara tidak langsung “siapa sebenarnya si penyaji/presenter”.

Sesorang yang mampu berkomunikasi/berbicara dengan baik didepan umum dapat menyampaikan pesannya kepada pendengar. Bila ia berbicara kepada anak anaknya, mereka akan mendengar dan memahami maksudnya, dan metika ia membahas pelajaran depan kelas, forum ia pun bias menggerakan murid/ peserta kea rah yang dikatakannya. Pembicara yang baik akan mudah menyampaikan pandangannya dan didengarkan  oleh partner bicaranya.Sebelum melangkah lebih jauh, marikita melihat dan memahami apa itu makna kominikasi dan presentasi.  Komunikasi pada hakekatnya sudah menjadi sebagian besar dari aktivitas kita sehari hari, mulai dari antar teman, pribadi, kelompok oragniasasi atau massa.  Secara sederhana ,kegiatan Komunikasi dipahami sebagai kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan atau ide dari satu pihak kepada pihak lain, dengan tujuan tercapainya kesamaan pandangan atau ide yang dipertukarkan tersebut.

Untuk Membaca Artikel ini silakan download di tautan berikut :

SUKSES DALAM KOMUNIKASI DAN PRESENTASI


17 02 2015 11:06:31