Tatanan Administrasi Pramuka

Kabupaten Banyumas

Tatanan Administrasi Pramuka

PURWOKERTO, (29/03). Sebagai suatu organisasi kepramukaan yang memerlukan tatanan administrasi yang baik, Racana Soedirman selalu mengupayakan keadministrasian organisasi melalui pelatihan administrasi yang termasuk dalam program kerja rutin yang dilaksanakan secara tahunan. Program kerja tersebut adalah pelatihan kesekretariatan yang diperuntukkan kepada seluruh anggota racana soedirman baik anggota baru maupun anggota lama yang belum mengikuti pelatihan kesekretariatan sebelumnya. Pada tahun 2016 pelatihan kesekretariatan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 25-27 Maret 2016, yang bertempat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed. Peserta pelatihan kesekretarian berjumlah 23 orang. Pelatihan ini diketua oleh Kak Rizqi Novitasari.

Pelatihan kesekretariatan merupakan pelatihan wajib lanjutan bagi seluruh anggota racana soedirman. Dalam pelatihan tersebut peserta dibekali dengan berbagai materi diantaranya administrasi satuan, peralatan kantor dan inventarisasi, surat menyurat, tata alur dan ekspedisi, kesekretariatan reka kerja, sistem perencanaan, pemrograman, dan anggaran proposal, system pelaporan, dan etika kerja. Kemudian pada akhir pelatihan dilakukan simulasi kepanitiaan yang bertujuan untuk mengajarkan alur surat menyurat dan administrasi yang selama ini digunakan dan berlaku di racana soedirman.

Pada pelaksanaannya, reka kerja pelatihan bekerja sama dengan tim instruktur muda. Hampir seluruh materi yang bertugas untuk mengisi adalah dari instruktur muda, kecuali materi etika kerja yang diisi oleh pemateri dari luar Racana Soedirman yaitu oleh kak Hanan Wiyoko yang tidak lain merupakan purnawarga Racana Soedirman.

Pelatihan ini ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada peserta tergiat putra yang diraih oleh kak Rizaldi dan putri  kak Lisa. Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi bagi peserta yang aktif dan berprestasi selama kegiatan pelatihan kesekretariatan. Selain itu juga untuk membangkitkan semangat dan jiwa kompetitif supaya peserta serius dan paham terhadap pelatihan ini. “Pelatihan ini memang harus dan wajib diberikan kepada seluruh anggota racana soedirman mengingat tata alur surat menyurat dan administrasi satuan sangat penting” kata Kak Rizaldi sebagai peserta.


Rabu, 30 Maret 2016