OSIS SMA 3 GEMBLENG PEMIMPIN ORGANISASI

Kabupaten Banyumas

OSIS SMA 3 GEMBLENG PEMIMPIN ORGANISASI

 

PURWOKERTO : OSIS SMA Negeri 3 Purwokerto menggembleng pengurus organisasi dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Siswa. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, Sabtu-Minggu (9-10/9)  di Aula Sekolah.

Ketua Umum Osis Angkatan 27, Intan Mukzizat Nur Kusumajati mengatakan kegiatan ini diikuti 79 siswa/siswi, mereka terdiri dari perwakilan pengurus berbagai organisasi  sekolah yang ada, seperti Osis, Pramuka, PMR, Rohis, Paskibra,Teater dan Pecinta Alam. Selama dua hari mereka ditempa dengan ilmu kepemimpinan, keorganisasian, administrasi, keuangan serta motvasi.

“Hari pertama peserta menerima teori, dan hari kedua mereka melakukan simulasi kegiatan dengan cara berpraktek. Semua pengurus organisasi berlatih administrasi, seperti surat menyurat, membuat proposal, mempertanggungjawabkan keuangan serta membuat laporan kegiatan,“ kata Intan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Purwokerto Ananto Nur Semedi mengatakan LDK yang digelar sekolahnya,  berbeda dengan sekolah lainnya, karena selain ceramah juga ada prakteknya.

"Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) adalah pelatihan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan maupun kelompok dalam suatu organisasi. Tujuannya, agar peserta mampu melaksanakan sesuatu dalam mencapai tujuan organisasi," katanya.

Ia berharap semoga siswa dan siswi yang mengikuti pelatihan ini kelak menjadi pemimpin. Bukan hanya di sekolah namun juga pemimpin dimasa depan.

“Alhamdulillah setiap tahun kita melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Tahun ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Biasanya kegiatan ini digelar tanpa praktek, kali ini dengan praktek. Jadi, diharapkan peserta bisa memperlihatkan potensi leadershipnya, dan dapat merencanakan dan melaksanakan suatu kegiatan" ungkapnya.

Salah seorang siswa, Weka Halim Muktabar, utusan dari Pramuka dalam kegiatan mengaku banyak ilmu baru yang didapatkan. Menurutnya itu sangat bermanfaat untuk dirinya dan juga organisasi.

 

 


Senin, 11 September 2017