Tiga Rumah di Purwojati Banyumas Tertimbun Longsor

Kabupaten Banyumas

Tiga Rumah di Purwojati Banyumas Tertimbun Longsor

 

BANYUMAS –Hujan lebat yang mengguyur wilayah Banyumas Rabu (10/1) sejak pukul 15.00 WIB, mengakibatkan bencana tanah longsor di Grumbul Pamrihan, Desa Kaliwangi Kecamatan Purwojati. Akibatnya sekitar pukul 18.15 WIB, sebanyak tiga rumah warga, roboh akibat tertimbun tanah longsoran tersebut.

Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyumas Kusworo mengatakan Rabu malam mengatakan tanah longsor itu menimpa dua unit rumah milik Rosadi (60) dan satu unit rumah milik Sito (37). Keduanya warga Grumbul Pamrihan RT 02 RW 04, Desa Kaliwangi, Kecamatan Purwojati.

“Berdasarkan keterangan korban, sebelum terjadi tanah longsor itu, Sito mendengar suara gemuruh sehingga ia segera keluar untuk melihat kondisi sekitar rumah.Sesampainya di halaman, Sito melihat tanah di bukit di atas rumah tampak bergerak ke arah rumahnya, oleh karena itu, Sito segera memanggil istrinya, Maratus Salamah (40), agar segera keluar dari rumah dengan menggendong anak mereka, Alfira Putri (3),” jelasnya.

Selain itu, Sito juga memanggil kedua orang tuanya, Rosadi dan Sawen (55), agar mereka segera keluar dari rumahnya.

Tidak lama kemudian, material longsoran dari atas bukit itu menimbun rumah Sito dan selanjutnya bergerak menuju dua rumah milik Rosadi dan akhirnya tiga rumah semipermanen itu ambruk hingga rata dengan tanah.

"Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor itu, namun satu unit sepeda motor Supra X 125 Tahun 2005 yang berada di dalam rumah turut tertimbun longsor. Kerugian masih dalam pendataan," kata Kusworo.

Untuk meringankan penderiataan korban, pihak BPBD langsungmengundang relawan untuk bergotong royong melakukan evakuasi longsoran tanah hari ini


Jumat, 12 Januari 2018