Sumpiuh dan Baturraden Pertahankan Adibuana Bhakti

Kabupaten Banyumas

Sumpiuh dan Baturraden Pertahankan Adibuana Bhakti

 

PURWOKERTO– Kecamatan Sumpiuh dan Baturraden berhasil mempertahankan penghargaan Adibuana Bhakti, setelah tahun sebelumnya meraih penghargaan yang sama untuk kategori Kecamatan besar dan Sedang. Sedangkan Kecamatan Pekuncen menjadi kecamatan kategori kecil yang menerima piala itu setelah tahun sebelumnya berada di posisi kedua.

Penghargaan secara keseluruhan diserahkan oleh PLT Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan kepada 9 kecamatan di luar perkotaan Purwokerto, usai upacara hari Jadi kabupaten Banyumas Ke-447 pada Kamis (22/2) di Alun-alunPurwokerto

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Suyanto, S.H, M.Hum mengatakan penghargaan Adibuana Bhakti diberikan kepada kecamatan yang dinilai dapat memelihara lingkungan hidup dan sampah.

“Penghargaan itu seperti penghargaan Adipura yang diberikan Pemerintah Pusat kepada kabupaten / kota yang memiliki komitmen dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan

Penghargaan Adibuana Baktidiberikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk tingkat kecamatan” katanya

Menurutnya, program Adibuana Bhakti bertujuan untuk mendorong kepemimpinan camat dalam membangun partisipasi aktif masyarakat serta dunia usaha dalam mewujudkan kota-kota kecamatan yang berkelanjutan, baik secara ekologis, sosia dan ekonomi melalui penerapan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup demi terciptanya ingkungan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Suyanto menambahkan bahwa penilaian penghargaan Adibuana Bhakti didasarkan pada pemantauan di beberapa titik yang ada di wilayah kecamatan.

“Titik pantau  ntoran, sekolah, rumahsakit dan atau puskesmas, tamankota, sungai, bank sampah dan fasilitas pengelolaan sampah skala desa/kecamatan”, katanya.

Penghargaan Adibuana Bhakti yang berarti memelihara lingkungan dan alam tempat tinggal agar tetap lestari ini diikuti oleh kecamatan diluar perkotaan Purwokerto yang dikelompokkan dalam tiga kategori kecamatan yaitu kategori kecamatan kecil, kategori kecamatan sedang, serta kategori kecamatan besar.

Masing-masing pemenang penghargaan Adibuana Bhakti Kabupaten Banyumas tahun 2018 berhak mendapatkan piagam, trophy, dan uang pengembangan. Penghargaan Adibuana Bhakti Kabupaten Banyumas tahun 2018 ini pada kategori kecamatan besar berhasil diraih oleh Kecamatan Sumpiuh sebagai juara 1 mendapatkan uang pengembangan sebesar 150 juta rupiah, Kecamatan Banyumas sebagaijuara 2 mendapatkan 130 juta rupiah, Kecamatan Sokaraja sebagai juara 3 mendapatkan 115 juta rupiah.

Pada kategori kecamatan sedang, juara 1 berhasil diraih oleh Kecamatan Baturraden yang mendapatkan uang pengembangan sebesar 130 juta rupiah, juara 2 diraih oleh Kecamatan Jatilawang mendapatkan 115 juta rupiah, juara 3 diraih oleh Kecamatan Kembaran mendapatkan 100 juta rupiah.

Sedangkan pada kategori kecamatan kecil, juara 1 berhasil diraih oleh Kecamatan Pekuncen yang mendapatkan uang pengembangan sebesar 100 juta rupiah, juara 2 diraih oleh Kecamatan Somagede mendapatkan 85 juta rupiah, dan juara 3 diraih oleh Kecamatan Purwojati mendapatkan 75 juta rupiah.


Jumat, 23 Pebruari 2018