Upacara Hari Jadi Banyumas

Kabupaten Banyumas

Upacara Hari Jadi Banyumas

 

PURWOKERTO : Plt Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 447 yang dilaksanakan Kamis (22/2) di Alun-alun Purwokerto. Camat Sokaraja Purjito sebagai pemimpin upacara dan sebagai peserta upacara terdiri dari TNI, Polisi, Satpol PP, Korpri, ASN, PGRI, OKP, Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka.

Turut hadir pada kesempatan ini anggota Forkompinda, Perwakilan Bupati Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen, Pimpinan DPRD, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala SKPD, pimpinan organisasi politik, pimpinan organisasi masyarakat, tokoh masyarakat dan juga dihadiri oleh Para Staf Ahli Gubernur dan Bupati se Indonesia.

Plt Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan dalam sambutanya, mengajak peringatan hari jadi ini bisa menjadi momentum untuk evaluasi dan mawas diri, sekaligus memantapkan komitmen kita semua untuk bersama-sama, bersinergi, membangun dan mewujudkan Pemerintahan Kabupaten Banyumas yang bersih dan adil menuju masyarakat yang sejahtera, berdaya saing, dan berbudaya berlandaskan iman dan taqwa.

“Saya juga mengajak segenap warga masyarakat Kabupaten Banyumas untuk mendo’akan arwah para pendiri Kabupaten Banyumas, para mantan bupati, dan para tokoh masyarakat yang telah berjasa membangun Kabupaten Banyumas, semoga mendapat balasan yang setimpal dari tuhan yang maha kuasa,” kata Bupati

Masyarakat Banyumas juga diharapkan bisa mengingat kembali pendiri Kabupaten Banyumas, Raden Joko Kaiman, yang memiliki sifat dan watak berani mengambil risiko, tidak mementingkan dirinya sendiri, pejuang pembangunan yang tangguh, tanggap, dan tanggon.

“Untuk itu, marilah kita teladani sikap dan watak Raden Joko Kaiman, sehingga tumbuh rasa handarbeni, tresna serta bangga menjadi “wong” banyumas yang mempunyai sifat cablaka, jujur dan apa adanya, sekaligus membawa spirit untuk mewujudkan banyumas yang lebih baik, berdaya saing dan berbudaya,” tambahnya

Ucapan Terima Kasih dan Permohonan Maaf

Plt Bupati menyampaikan bahwa dirinya akan mengakiri masa jabatan bersama Bupati Achmad Husein yang sedang cuti pada tanggal 11 April mendatang.

“Kami(Husein – Budhi) menyampaikanucapan “terimakasih” kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Banyumas atas kerja sama kemitraan dalam upaya membangun dan memajukan Banyumas. Saya juga menyampaikan ucapan terima kasihdan “penghargaan yang tinggi” kepada segenap PNS / ASN yang telah bekerja keras, disiplin, sinergis, dan penuh tanggung jawab menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik. Marilah yang sudahbaikinikitalanjutkandankita tingkatkan, dan yang masihkurang, kitaupayakanbersama agar menjadisemakinbaik dan membuat rakyat banyumas bungah,” katanya

Budi juga menyampaikan terima kasih kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, jajaran Pemerintahan Desa dan segenap warga masyarakat atas dukungan dan peran aktifnya dalam pembangunan daerah, maupun dalam mewujudkan situasi dan kondisi wilayah yang aman, damai, sejuk, kondusif dan produktif, dalam suasana kekeluargaan, persaudaraan, kebersamaan, gotong royong, brayan dan toleran.

“Disamping keberhasilan yang sudah kita raih, kami juga menyadari, kami belum bisa memenuhi semua keinginan dan membuat semua warga masyarakat merasa bungah. Untukitu, kami (Husein – Budhi) mohonmaaf yang setulus-tulusnya,” pungkasnya

Usai upacara Bupati menyerahkan berbagai penghargaan untuk lembaga maupun perorangan yang berpresatasi, termasuk lembaga yang dapat mengumpulkan zakat terbanyak.

 


Jumat, 23 Pebruari 2018