KPU Banyumas Tetapkan DPT Pilkada 2018

Kabupaten Banyumas

KPU Banyumas Tetapkan DPT Pilkada 2018

PURWOKERTO – Setelah melalui berbagai rangkaian tahapan, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak Tahun 2018 Penetapan itu dilakukan dalam acara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pilkada Serentak Tahun 2018 yang digelar di Rumah Makan Oemah Daun Purwokerto, Kamis (19/4).

Rapat tersebut dihadiri oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Banyumas, tim sukses pasangan calon Gubernur dan pasangan calon Bupati, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kesbangpol, ketua dan anggota Divisi Mutarlih Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), serta panitia pengawas kecamatan se Kabupaten Banyumas.

Jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT, sebagaimana tertuang dalam Berita Acara KPU Kabupaten Banyumas Nomor 325/PL.03.1-BA/3302/KPU-Kab/IV/2018, tercatat sebanyak 1.302.438 orang, terdiri dari 649.154 laki-laki dan 653.284 perempuan. Pemilih tersebut, menurut Ketua KPU Kabupaten Banyumas Unggul Warsiadi, tersebar di 331 Desa/Kelurahan di Kabupaten Banyumas yang nantinya terbagi ke dalam 3.181 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Di hadapan peserta rapat, anggota KPU Kabupaten Banyumas membacakan secara detail jumlah pemilih per Kecamatan. Diharapankan, peserta rapat dapat memberi tanggapan, masukan dan koreksi jika terdapat kekeliruan dalam daftar tersebut.

Ketua Panwaslih Kabupaten Banyumas Yon Daryono memastikan tidak ada koreksi dari pihaknya. Yon menegaskan bahwa hasil pengawasan dari Panwascam selaras dengan daftar yang dibacakan. Yon juga berharap, dengan nihilnya koreksi pada rapat pleno ini bisa menjaga marwah DPT.

“Kami tak ingin ada komentar yang menyatakan adanya cacat dalam rapat pleno ini,” terang Yon.

Usaika pembacaan jumlah DPT per kecamatam, semua anggota KPU Kabupaten Banyumas menandatangai Berita Acara (BA). Di akhir acara, salinan BA diserahkan kepada Panwaslih Kabupaten Banyumas, tim sukses pasangan calon Gubernur dan pasangan calon Bupati, dan Dindukcapil Kabupaten Banyumas. (*)


Jumat, 20 April 2018