Kabupaten Banyumas

SALAM TANGGUH DAN SALAM KEMANUSIAAN.. !!
💪💪🇮🇩🇮🇩💪💪

Dengan Hormat..,
Disampaikan kepada seluruh masyarakat Kab. BMS bahwa dalam rangka antisipasi bencana krisis Air bersih pada daerah rawan bencana kekeringan th 2019, BPBD Kab. Banyumas telah menyiapkan 3 Kendaraan khusus droping Air Bersih, berupa truk tangki air, mengingat banyaknya daerah/desa yg mungkin terdampak mengingat panjang dan musim kemarau th ini, maka di himbau :

1. Kepada Kepala Desa / Kelurahan yg membutuhkan bantuan air bersih, untuk :

- Melaporkan dan menginformasikan ke BPBD Kab. Bms tentang kebutuhan air atau jumlah KK dan Wilayah Dusun/Rt/Rw, yg terdampak/mebutuhkan bantuan.

- Menyiapkan penampungan air dg kapasitas minimal 5000 ltr dan dapat terbagi di beberapa bak penampung di wilayah RT/RW, droping air tdk membagi langsung kepada warga yg membutuhkan, namun akan di drop pada tempat penampungan yg disiapkan oleh desa.

- Kepala Desa/Kelurahan dihimbau untuk menugaskan Kadus/Ketua RT/RW untuk mengatur pembagian air sehingga dapat merata terbagi kepada warga sesuai kebutuhan air prinsipnya bantuan air bersih hanya untuk kebutuhan konsumsi, Memasak dan minum, bukan untuk mencuci atau mandi.

- Menghimbau kepada warganya untuk menggunakan air secukupnya.

2.Kepada Dinas/Instansi/Pengusaha/Organisasi
Jika akan ikut melakukan/membantu droping air bersih dg menggunakan kendaraan tangki air atau sejenisnya sendiri, dimohon agar tangki air atau tempat penampung air benar2 bersih dan steril dari bakteri, Serta wajib menginformasikan dan koordinasi dg BPBD Kab. Banyumas dimana lokasi/desa yg akan dibantu agar tdk tumpang tindih dan ada pemerataan dalam pengedropan bantuan serta tercatat, dan terdata di BPBD Kab. Banyumas.

Semoga bermanfaat

Sumber.
BPBD Kab. Banyumas.


Selasa, 25 Juni 2019