Kabupaten Banyumas

Dekranasda Banyumas Gandeng Kemenkop UKM Gelar Pelatihan Peningkatan SDM

 

Dekranasda Kabupaten Banyumas dan Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dalam menyelenggarakan kegiatan pelatihan anggota-anggotanya Senin (14/10) pagi, di tiga lokasi secara serentak, yakni Hotel Surya Yudha, Hotel Wisata Niaga, dan COR Hotel.

Pembukaan kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Drs. Talqoh, Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein, Kepala Dewan Kerajinan Nasional Daerah Banyumas Erna Husein, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas Drs. Yuniyanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Kabupaten Banyumas Wisnu Hermawanto, serta jajaran anggota dan pengurus koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas.

Pelatihan tersebut diselenggarakan dengan tujuan mengembangkan kualitas SDM koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas dalam tiga bidang pelatihan: Pelatihan Koperasi, Pelatihan Kewirausahaan, dan Pelatihan Vokasional. Kegiatan pelatihan tersebut juga akan diselenggarakan selama tiga hari. Ketiga bidang pelatihan tersebut dihadiri 125 peserta.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang diwakili Sekretaris Deputi Drs. Talqoh, kegiatan pelatihan ini sudah direncanakan sejak bulan Juli, tepatnya pada Hari Koperasi, atas pengajuan dari Ketua Bidang Manajemen Dekranas Bintang Puspayoga.

Ketua Dekranasda Banyumas Erna Husein menutur tentang kepentingan kualitas SDM dalam era Revolusi Industri 4.0,

“Sumber daya yang kompeten adalah salah satu faktor utama penentu keberhasilan transformasi Era 4.0, karena itu peningkatan SDM perlu diprioritaskan,” katanya

Menurutnya, persaingan bisnis dan pembangunan yang awalnya bertumpu pada sumber daya alam kini mulai tergeser oleh SDM, sehingga investasi dalam SDM menjadi penting.

“Saat ini kita dihadapkan dengan SDM UKM dan IKM yang mayoritas adalah lulusan SD SMP. Untuk itulah diperlukan suatu intervensi dalam peningkatan SDM UKM dan IKM agar skill dan kompetensi mampu bersaing,” tambahnya.

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menuturkan kembali pentingnya pelatihan dalam menghadapi kendala pendidikan tersebut.

“Pelatihan-pelatihan seperti ini harus intensif, harus massal, harus besar, dan harus tajam. Kalau mereka pendidikannya SMP atau SD, maka cara berpikir dan cara menganalisa masalah serta memandang kesempatan-kesempatan terhadap perkembangan jaman dan teknologi otomatis akan kurang tepat, otomatis akan kurang tanggap, otomatis kurang dapat memahami dan mengambil hikmah daripada kemajuan teknologi itu sendiri,” katanya

Dalam menutup sambutannya, Ir. Achmad Husein menekankan kembali pentingnya pasar online bagi koperasi dan UKM di Kabupaten Banyumas. Menurutnya, pemasaran online memiliki potensial yang sangat besar, sehingga mengajukan Dekranasda Kabupaten Banyumas untuk segera bekerjasama dengan pihak-pihak pasar online.


Selasa, 15 Oktober 2019