Kabupaten Banyumas

REWANDA BODJANA

 

Festival Rewanda Bodjana yang dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktober 2019 merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda Olah Raga Budaya dan Olahraga Kabupaten Banyumas  memberi makan kera di komplek Masjid Saka Tunggal Cikakak, kecamatan Wangon. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata, kemudian dilanjut oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein, sedangkan makna dari kegiatan ini adalah tradisi saling mengasihi sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan, karena semua makhluk hidup berhak untuk hidup, makan dan berkembang biak. Acara ini yang dikemas sedemikian rupa sehingga nampak tidak sederhana baik penyatuan dari unsur alam, hewan dan sumber daya di sekitarnya. Pada acara ini yang dihadiri oleh DPRD, Polres, TNI ataupun perwakilan dandim.

“Acara yang diselenggarakan setiap tahunnya diharapkan semakin lama akan menjadi lebih bagus dan aktraktif tidak hanya sekedar memenuhi kebiasaan saja dan diharapkan untuk membuat masyarakat menjadi lebih akrab satu sama lain, karena dapat bersilaturahmi, saling menghargai dan terhibur dengan adanya acara ini,” ujar Bupati Banyumas Ir Achmad Husein.

Festival Rewanda Budjana 2019 tidak hanya kegiatan memberi makan kepada kera di komplek Masjid Saka Tunggal Cikakak, tetapi ada serangkaian acara seperti lomba geligir dan grebek geligir (rangkaian buah-buahan atau tela pendem).


Rabu, 23 Oktober 2019