Kabupaten Banyumas

Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri 2019

 

PURWOKERTO – Bupati Banyumas, Achmad Husein memimpin upacara peringatan hari santri nasional 2019 Selasa (22/10/2019). di Alun-alun Purwokerto. Upacara diikuti oleh ribuan santri se-Kabupaten Banyumas. Turut hadir pada upacara segenap anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Anggota DPRD, Rektor perguruan tinggi se-Banyumas, kepala SKPD, tokoh masyarakat danpara pengasuh pondok pesantren.

Bupati Banyumas Achmad Huseindalam sambutanya mengatakan peringatan hari santri nasional pada hakekatnya adalah untuk mengingatkan kita semua, khususnya para santri untuk meneladani semangat para ulama dalam jihad ke Indonesiaan, semangat kebangsaan, semangat cinta tanah air, dan semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara

"Selamat Hari Santri Nasional ke-5, mari kita memperteguh peran santri dalam persatuan dan kesatuan. Pada masa kolonial, santri adalah cermin resolusi dan membakar patriotisme dan nasionalisme untuk bergerak bersama melawan pasukan penjajah," katanya

Menurut bupati, santri telah bergabung dengan segenap elemen bangsa, membantu mengatur strategi dan mengajarkan tentang arti kebinekaan. Hingga puncaknya pada 10 November sebagai hari pahlawan. Peringatan Hari Santri Nasional menurut Bupati menjadi momen mengingatkan para santri untuk meledani semangat para ulama.

"Sekarang santri harus kreatif, inovatif, adaptif dan melek IT. Namun juga harus teguh menjaga tradisi dan menjung tinggi metode dakwah yang diajarkan para Walisongo," tambahnya.

Bupati juga berpesan agar para santri baik yang berada di luar atau didalam pesantren untuk tetap menjaga religiusitas serta istiqomah dalam mengawal dan menjaga keutuhan NKRI.

"Saya mengucapkan terima kaih kepada para santri di Banyumas. Sudah 'nyengkuyung' untuk Banyumas. Marilah menjadi santi yang aktif dan berdaya saing yang menyebarkan ilmu," pungkasnya.

Setelah melaksanakan upacara Hari Santri Nasional 2019, Bupati beserta Forkompimda dan para santri melanjutkan dengan acara doa bersama di Masjid Baitussalam Purwokerto.

Pada kesempatan ini Bupati menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dan berharap agar selama lima tahun kedepan dapat menjalankan pemerintahan dengan baik.

"Alhamdulillah pelantikan berjalan lancar, kita bersyukur memiliki Presiden dan Wakil Presiden yang baik, pandai, berwatak kesatria, punya jati diri dan mempunyai tipe pekerja keras," kata Bupati Husein

Bupati berharap dibawah kepemimpinan Pak Jokowi dan Kyai Ma'ruf Amin, rakyat Indonesia semakin adil, makmur dan sejahtera dibawah lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.


Rabu, 23 Oktober 2019