Kabupaten Banyumas

Bunda PAUD Se Kabupaten Banyumas Dikukuhkan

 

Bupati Banyumas Achmad Husein mengukuhkan Bunda PAUD Tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga tingkat Desa/Keluarahan Selasa (20/10/2019) di Pendapa Sipanji Purwokerto. Bunda PAUD Kabupaten Banyumas Ny Erna Setyawati menjadi salah satu yang dikukuhkan yang ditandai dengan pemasangan selempang Bunda PAUD dan penyerahan surat keputusan.

Husein berharap dengan pengukuhan tersebut, Bunda PAUD dapat bekerja sepenuhnya, mengimplementasikan dan mengkreasikan dalam berbagai rencana program dan berhasil mendidik anak-anak yang menjadi anak-anak yang cerdas, pintar dan berbudi perkerti yang baik, berkarakter dan berakhlak mulia.

“Pekerjaan mulia di dunia ini adalah guru yang menjadikan orang cerdas dan berakhlak mulia. Yang paling kita tekanan adalah karakter, namun harus ditekankan pula akhlak yang mulia. Bunda PAUD akan mencetak anak-anak yang cerdas, berkarakter dan berakhlak mulia. Saya minta keiklasan dari Ibu-ibu semua untuk bisa mendampingi pengajar PAUD dan semoga ini menjadi amal jariyah,” ujarnya.

Menurut Husein PAUD harus menjadi fokus dan konsentrasi karena anak-anak inilah yang akan jadi generasi penerus. Ibarat daun, mereka masih tunas apabila dalam pemeliharaan yang baik, pasti dikemudian hari menjadi daun yang subur dan lebar.

“Kami bangga dengan ketulusan Bunda PAUD mengajarkan kepada anak-anaknya luar biasa sekali, kami tahu bahwa Bunda PAUD ini sabarnya luar biasa, ilmu yang bermanfaat inilah yang akan dijadikan ke anak-anak, mewujudkan cita-cita dimasa depan,” katanya.

Selain itu untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan semangat, Bupati mengatakan pihaknya akan mencarikan anggaran untuk kesejahteraan.

“Kita carikan anggaransupaya mereka merasa diperhatikan, karena Bunda PAUD inilah yang mencetak generasi mendatang, terkadang kita lupa, guru PAUD, ini yang harus kita prioritaskan,” katanya.

Bunda PAUD Banyumas Erna Husein mengatakan Bunda PAUD secara otomatis adalah istri dari pimpinan daerah itu, mulai dari presiden, gubernur, Bupati/walikota, camat hingga desa dan kelurahan. Maka Bunda Paud sebagai panutan khususnya bagi pengembangan PAUD di daerah.

Menurutnya, Bunda PAUD harus memberikan peran serta yang sebaik-baiknya sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar dalam upaya perluasan dan pemerataan akses serta mendorong agar layanan PAUD lebih bermutu dan berkualitas.

“Bunda PAUD membekali dan mempersiapkan anak-anak sedini mungkin, dengan kesehatan dan gizi yang memadai. Selain itu, pelayanan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan anak, perlindungan dan pengasuhan sehingga anak-anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal menjadi anak yang sehat cerdas dan cerita serta berakhlak mulia,” katanya

Untuk mencapai harapan tersebut, peran serta kita semua mutlak diperlukan untuk menjadikan PAUD semakin bermutu dan berkualitas. Untuk itulah diperlukan koordinasi dan sinergi de¬ngan berbagai pihak terkait dan mendayagunakan semua potensi yang ada sehingga PAUD mampu kita kembangkan dengan memiliki ciri khas daerah dan kearifan lokal masing-masing.

“Saya mengharapkan agar kita semua memiliki komitmen yang sama untuk terus memajukan PAUD dan menjadikan anak-anak kita generasi penerus bangsa yang andal dimasa mendatang,” katanya.


Rabu, 23 Oktober 2019