Kabupaten Banyumas

Xplore Purwokerto 2019: The Tour of Peninis

 

Purwokerto untuk pertama kalinya menjadi kota dan tuan rumah ajang sportourism yang digelar oleh Komunitas Sepeda Lipat Purwokerto (SELIP). Acara Xplore Purwokerto ini diberi julukan The tour of Peninis karena rutenya yang sepanjang 53 km ini melewati salah satu tanjakan paling tinggi di Banyumas yaitu tanjakan Peninis yang berada di Baturraden, Banyumas.

Tidak tanggung-tanggung, acara yang digelar pada Sabtu (9/11) diikuti oleh 930 peserta yang datang dari seluruh penjuru negeri. Antusiasme para peserta juga sangat terasa dalam acara ini.

Acara ini mengusung tema sportourism yang menyajikan jelajah wisata bagi para pesertanya, baik dari wisata alam, kuliner bahkan wisata budaya. Dengan jalur yang telah ditentukan oleh panitia, para peserta dapat bersepeda sembari mejelajahi tempat-tempat yang menjadi ikon dari Purwokerto. Jalur kegiatan tersebut yakni mulai start dari Halaman Pendopo Sipanji – alun alun purwokerto – Jl.Jend.Sudirman – Jl.Merdeka – Tugu Pembangunan Jl.Jend. Gatot Subroto – Jl.Bank – Underpas Jendral Sudirman – Pertigaan Porka ke utara – Unwiku – Beji – Karangnangka – Keniten. Panitia juga menyediakan rest area atau yang disebut Pitstop di 3 titik. Pitstop pertama berada di lapangan Windujaya. Kemudian jalur dilanjutkan dengan Melung – Ketenger dan melewati tempat wisata bukit agaran dan batu warna melung, dengan Pitstop 2 di Curug Bayan. Rute kembali dilanjutkan melalui Bundaran Baturaden – wanawisata Baturaden dan Pitstop 3 di Telaga Sunyi. Setelah itu berlanjut rute dari Limpakuwus – Kutayasa – Kemutug – Mandala – Pabuaran – Jl. Sunan Ampel – Tambaksogra – Dukuhwaluh – Jl. Raden Patah – Jl. dr. Gumbreg – RS. Margono – Puteran Bundaran Monumen Gatot Subroto – Berkoh – Jl.Jend. Soedirman – Alun-Alun  dan kembali ke Pendopo Si Panji.

Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein bersama sang isteri, serta dihadiri oleh Ibu Gubernur Jawa Tengah yaitu Ibu Siti Atiqoh Supriyanti yang turut menjadi peserta dalam ajang gowes ini.

Bapak Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat datang bagi para peserta sekaligus mengucapkan terimakasih kepada panitia dan mengapresiasi ide panitia dalam menggelar acara Xplore Purwokerto yang diadakan sabtu lalu.

Bapak Ir. Achmad Husein berharap semoga tahun depan kegiatan ini bisa diadakan lagi dengan melibatkan pemerintah juga, khususnya DInas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) yang diharapkan dapat bekerja sama dengan swasta dalam menyelenggarakan event seperti ini.

Bupati juga meminta tahun depan diadakan kempali acara Xplore Purwokerto dengan rute yang baru. “ Kita buat rute baru lagi tahun depan, rute peninis ini biar dijadikan sebagai rute regular, Jadi dalam satu tahun diadakan 2 kali, The Tour Of Peninis sebagai rute regular dan Panitia cari rute baru lagi untuk Xplore Purwokerto.

Menanggapi permintaan dari Bupati Banyumas, Panitia Xplore Purwokerto sendiri menyanggupi permintaan Bupati dan juga telah berencana bahwa Xplore Purwokerto tahun depan diadakan akan diadakan sekitar bulan agustus 2020.


Selasa, 12 November 2019