Serulingmas Serahkan Zakat Senilai 20 Juta untuk Warga Banyumas

Kabupaten Banyumas

Seruan Eling Banyumas (Serulingmas) yang merupakan sebuah yayasan yang beranggotakan orang-orang Banyumas yang tinggal di Jakarta, belum lama ini menyerahkan uang zakat fitrah dan zakat mal senilai total 80 juta rupiah guna membantu masyarakat tidak mampu di 4 kabupaten di wilayah eks Karesidenan Banyumas, yaitu Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara.

 

Penyerahan bantuan sebesar 20 juta rupiah untuk masing-masing kabupaten dilakukan serentak pada Kamis (1/8). Di Kabupaten Banyumas, bantuan diserahkan oleh perwakilan yayasan terdiri dari Masino, Supar Jasminto, Sumbono dan Abu Salahudin, diterima langsung oleh Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein di ruang kerjanya.

 

Perwakilan Serulingmas, Masino usai menyerahkan bantuan kepada bupati Achmad Husein berharap, bantuan tersebut dapat diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerima, agar dimanfaatkan, khususnya dalam rangka meringankan beban menghadapi lebaran 1434 H. Sementara Bupati Achmad Husein berjanji untuk segera menyampaikan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

 

Terpisah, Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas, Drs Untung Sugiyanto MHum menjelaskan, penyerahan bantuan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Yayasan Serulingmas setiap bulan romadlon menjelang datangnya lebaran, sebagai bentuk kepedulian mereka untuk membantu warga masyarakat kurang mampu di 4 kabupaten di wilayah Eks Karesidenan Banyumas.

 

Untung menyebut, bantuan yang diterima oleh Kabupaten Banyumas sebesar 20 juta rupiah akan segera didistribusikan kepada warga Banyumas yang berhak menerima, sesuai daftar usulan yang telah diserahkan oleh Bagian Kesra kepada panitia zakat Serulingmas (SM) beberapa waktu sebelumnya.

 

Untung merinci, dana tersebut akan dibagikan kepada 800 orang warga Banyumas, masing-masing sebesar Rp 25.000. Ke-800 penerima berasal dari 8 kecamatan yaitu Kecamatan Purwokerto Barat, Purwokerto Timur, Purwokerto Selatan, Purwokerto Utara, Gumelar, Jatilawang Sumpiuh dan Sumbang.

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


03 08 2013 07:57:1