Bupati-Wabup Pantau Posko Mudik 2013

Kabupaten Banyumas

Untuk melihat kesiapan pengamanan arus mudik lebaran 1434 H / 2013, Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dan Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan, Sabtu (3/8) memantau 8 posko pelayanan arus mudik, baik yang didirikan oleh jajaran kepolisian, inisiatif masyarakat, maupun pospam gabungan aparat dan elemen masyarakat yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Banyumas.

 

Selain Bupati dan Wakil Bupati, pemantauan diikuti oleh jajaran Polres Banyumas, Kodim 0701 Banyumas, dan seluruh SKPD. Pos PAM yang ditinjau adalah Pos Terminal Purwokerto, Posko Terpadu Lintas Ormas dan Agama Sokaraja, Posko Lintas Agama Banyumas, Rest Area Pringsewu Kemranjen, Posko PAM Polri Sumpiuh, Posko Gabungan Wangon, Posko Gabungan Ajibarang dan Pos Pengamanan Stasiun Kereta Api Purwokerto.

 

Di setiap pos yang dikunjungi, rombongan bupati meninjau fasilitas pelayanan yang tersedia, serta berdialog dengan ketua dan atau pengurus posko seputar keadaan lingkungan, arus lalu lintas dan karakteristik wilayah sekitar. Bupati juga menyerahkan bantuan logistik untuk operasional posko.

 

Usai pemantauan Achmad Husein mengatakan, secara umum Kabupaten Banyumas telah siap melayani arus pemudik lebaran tahun ini. Menurutnya, berdasarkan hasil pemantauan, sarana prasarana sudah siap dan tidak ada masalah. Memang dia mengakui, di beberapa tempat mulai terlihat kemacetan, seperti di arah Rawalo-Wangon, tetapi semua itu telah diantisipasi oleh para petugas dari jajaran TNI dan Polri, serta bantuan dari beberapa elemen masyarakat lainnya.

 

Adapun sarana-prasarana penunjang untuk melayani para pemudik juga sudah siap. Jalan-jalan yang semula rusak sudah diperbaiki, dan sudah dipasang lampu yang memadai dan rambu-rambu lalu lintas yang diperlukan.

 

Oleh karenanya Husein yakin, pelayanan arus mudik lebaran tahun ini akan berjalan dengan tertib dan lancar, serta potensi-potensi kerawanan keamanan dan ketertiban bisa ditekan maksimal. Tetapi Husein juga berpesan kepada seluruh masyarakat Banyumas, agar terus meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan mandiri, untuk menjaga kondusifitas Banyumas, dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama lebaran.

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


03 08 2013 19:34:4