Dirgahayu Pemadam Kebakaran Nasional Ke-49

Kabupaten Banyumas

Bertempat di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Jum’at (22/2) berlangsung apel pagi dalam rangka memperingati HUT Pemadam Kebakaran Nasional Ke-94. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Satpol PP, Linmas, Damkar, karyawan BPBD, Taruna Siaga Bencana (TAGANA), dan anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

 

Menteri Dalam Negeri melalui sambutan yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Banyumas, Ir Mayangkoro mengajak kepada seluruh anggota Pemadam Kebakaran untuk mereposisi sudut pandang terhadap arah dan kebijakan seputar peran institusi pemadam kebakaran. Mendagri meminta, petugas pemadam kebakaran bukan hanya sekedar siapsiaga sebagai penjaga dari kebakaran, tetapi juga terlibat langsung memberi rekomendasi terhadap proteksi kebakaran. 

 

Lebih lanjut, Mendagri mengharapkan kepada Kepala Daerah selaku penanggunjawab penanggulangan kebakaran di daerah, untuk melakukan peningkatan kapasitas intuisi pemadam kebakaran dalam pengurangan resiko kebakaran di setiap tahap manajemennya, baik pada pra kebakaran, waktu kejadian kebakaran, dan paska kebakaran, dengan mengedepankan tindakan preventif daripada tindakan responsif.

 

Di akhir sambutannya, Mendagri mengingatkan kembali kepada seluruh anggota BPBD tentang slogan “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”, dan agar meningkatkan semangat  dan kinerja dalam pencegahan penanggulangan kebakaran.


22 02 2013 11:17:2