4.300 Atlet Ikuti POPDA Banyumas 2013

Kabupaten Banyumas

 Sebanyak 4.300 atlet yang merupakan siswa-siswi dari 939 SD, SMP dan SMA/sederajat di Kabupaten Banyumas mengikuti Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Banyumas Tahun 2013. Acara yang akan diselenggarakan selama 6 hari, mulai Senin (18/3) hingga Sabtu (23/3) tersebut diawali dengan upacara pembukaan di halaman GOR Satria Purwokerto. Bartindak sebagai inspektur upacara, Bupati Banyumas Drs Mardjoko MM.

 

Ke-4.300 atlet akan mengikuti 285 nomor pertandingan dalam 16 cabang olahraga, yaitu sepakbola, bola voli, bulutangkis, pencak silat, tenis meja, tenis lapangan, atletik, renang, sepak takraw, senam, taekwondo, catur, bridge, karate, panahan dan bola basket. Lokasi pertandingan tersebar di kompleks GOR Satria, Kolam Renang Tirta Kencana, GOR Caryamas dan SMKN 3 Purwokerto.

Kepala Dinas Pariwisata, Dwi Pindarto selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, secara umum event olah raga tahunan Popda diselenggarakan guna mengukur kinerja olahraga pendidikan di sekolah-sekolah, memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar, serta memupuk rasa kekeluargaan siswa antar sekolah.

Selain itu, secara khusus lanjut Dwi, Popda menjadi ajang persiapan para atlet sejak dini untuk menghadapi event serupa di tingkat provinsi, sarana untuk mencari bibit-bibit atlet berbakat dari berbagai cabang olah raga yang dipertandingkan, serta sebagai salah satu sarana uji coba untuk mengikuti event 4 tahunan, Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Tahun 2013, dimana Kabupaten Banyumas akan menjadi tuan rumah.

Dwi menuturkan, pertandingan dan perlombaan dalam Popda diselenggarakan oleh panitia pelaksana bekerjasama dengan Pengcab Olahraga, sehingga diharapkan dapat terselenggara sesuai dengan peraturan pertandingan dan standar yang dipersyaratkan. Disamping itu, dukungan pelayanan kesehatan dalam Popda ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Wijayakusuma dan PMI Kabupaten Banyumas.

 

Bupati Mardjoko dalam sambutannya berharap agar Popda dapat menjadi ajang yang kompetitif, sportif dan berprestasi, karena para juara pada Popda SD, SMP dan SMA/sederajat Tahun 2013, nantinya akan menjadi duta Kabupaten Banyumas pada Popda di tingkat Provinsi Jawa Tengah, maupun berbagai event kejuaraan lainnya.

 

Terkait pelaksanaan Porprov 2013, atas nama masyarakat Kabupaten Banyumas Mardjoko berharap, kontingen Banyumas mampu memberikan prestasi terbaiknya. Untuk itu menurutnya diperlukan persiapan yang matang, terencana, terorganisir, serta kerja keras dan kerja cerdas semua pihak.

 

“Mari kita rapatkan barisan, bergandengan tangan, mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab sesuai dengan kapasitas dan kewenangan masing-masing” ajaknya


19 03 2013 14:19:3