Achmad Husein : Petugas KB Harus Pantang Menyerah

Kabupaten Banyumas

Sebagai garda terdepan suksesnya program KB, para Petugas Lapangan KB (PLKB) selain harus paham perkembangan program, kebijakan dan strategi KB terkini, juga dituntut memiliki tekad dan semangat juang yang tinggi, dan pantang menyerah. Demikian pesan Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein saat membuka kegiatan Pelayanan KB Mobile Penggarapan Wilayah Khusus Kabupaten Banyumas, Sabtu (13/4) di RS Hidayah Purwokerto.

 

 

Menurut Achmad Husein, hal ini mengingat dalam pelaksanaannya, program KB di Kabupaten Banyumas sering dihadapkan pada beberapa permasalahan, diantaranya rendahnya kualitas dan cakupan pelayanan, rendahnya pemahaman dan pelayanan kesehatan reproduksi remaja, serta rendahnya pelayanan kontrasepsi bagi keluarga miskin (keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera-1).

 

 

Husein menekankan pentingnya peran PLKB untuk menyukseskan program KB di Kabupaten Banyumas, karena program KB terbukti bukan hanya bermanfaat bagi pengendalian pertumbuhan penduduk, tetapi juga terhadap pengendalian pengangguran, kelahiran, dan hidup secara sehat. KB juga sangat strategis untuk menurunkan angka kematian ibu, kematian anak, hingga pelestarian lingkungan.

 

 

Terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam program KB, Husein memandang perlunya ada kerjasama yang sinergis dan proporsional dari semua stake holders, serta metode penyuluhan yang jitu dalam mensosialisasikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya program KB, salah satunya melalui pelayanan KB mobile.

 

 

Maka Husein menyampaikan apresiasi kepada jajaran BKKBN Provinsi Jateng, dan seluruh dinas/instansi terkait di Kabupaten Banyumas, atas terselenggaranya kegiatan  pelayanan KB mobile di Kabupaten Banyumas, yang merupakan bentuk pelayanan yang memudahkan masyarakat selaku akseptor KB, sekaligus sebagai bentuk komitmen tinggi dalam upaya peningkatan kualitas penanganan Keluarga Berencana di Kabupaten Banyumas.

 

 

Selanjutnya Husein berharap, melalui pelayanan KB mobile ini program KB dapat lebih merata menjangkau seluruh lapisan masyarakat, yang pada akhirnya bermuara pada kesuksesan program Keluarga Berencana di Kabupaten Banyumas.

 

 

Masih seputar pelayanan kesehatan, pada hari yang sama, bersama Wabup Budhi Setiawan, Bupati Achmad Husein juga memimpin rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait, berhubungan dengan rencana penerapan Kartu Banyumas Sehat (KBS) bagi masyarakat di Kabupaten Banyumas.

 

 

Dalam rapat yang dihadiri oleh beberapa kepala dinas dan perwakilan dinas/instansi di Kabupaten Banyumas, antara lain Dinas Kesehatan, Bapermas PKB, RSUD Ajibarang, RSUD Banyumas, Dinsosnakertrans dan Bagian Kesra Setda tersebut, Achmad Husein meminta masukan mengenai rencana penerapan KBS, yang akan ditindaklanjuti dengan tahap-tahap pembahasan teknis berikutnya.


13 04 2013 21:32:1