Achmad Husein : Jangan Merasa Paling Maju sehingga Lupa untuk Belajar

Kabupaten Banyumas

Pembukaan Banyumas Batik Carnival

  

Kita jangan pernah merasa paling maju sehingga menjadi lupa untuk belajar kepada orang lain“. Demikian disampaikan Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein pada pembukaan Banyumas Batik Carnival yang digelar di kawasan wisata Dream Land Park Pancasan Ajibarang, Kamis (18/4). Acara dihadiri oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Banyumas, Ketua DPRD, pejabat di lingkungkan Pemkab Banyumas dan para pengusaha batik di Banyumas. 

 

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk pameran batik ini diikuti oleh para perajin batik di Kabupaten Banyumas, dengan menampilan berbagai corak, ragam dan modernisasi batik yang tidak meninggalkan ciri khusus batik Banyumas. 

 

Bupati Achmad Husein mengatakan,  kegiatan Banyumas Batik Carnival diharapkan mampu melestarikan dan mempertahankan batik Banyumasan agar diminati dan berkembang lebih baik di masa-masa mendatang, sekaligus menjadi ajang promosi untuk menggali potensi dan karya-karya baru yang bisa dikembangkan. 

 

Kata Husein, batik Banyumasan yang merupakan batik khas kekayaan budaya dan seni wong Banyumas memiliki ciri tersendiri yang berbeda dari batik asal daerah lainnya seperti Solo dan Yogyakarta. Kekhasan tersebut dapat dikenali dari keragaman motif dan coraknya menunjukkan tingkat desain fashion yang lain dari yang lain. Hal ini, katanya harus terus digali, dilestarikan dan dikembangkan ke arah yang lebih produktif, dengan corak dan motif yang dinamis tetapi tetap mempertahankan karakter dasarnya. 

 

Menurut Husein, untuk dapat mengembangkan potensi lokal agar mencapai hasil yang optimal diperlukan kiprah dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk para pelaku ekonomi, dunia usaha dan dunia perbankan. Bergesernya peran pemerintah yang lebih sebagai fasilitator dan pembawa misi serta aspirasi masyarakat, katanya, menuntut konsekwensi dari masyarakat dan dunia usaha untuk menjadi pelaku utama dalam pengembangan potensi daerah . 

               

Kepada para perajin batik, Husein berpesan agar mereka menggagas sebuah perencanaan kedepan untuk bisa membuat batik Banyumasan lebih popular, lebih baik, lebih maju, lebih murah dibandingkan dengan batik Solo, Pekalongan dan yang lainnya. 

 

Terkait dengan kepariwisataan di Kabupaten Banyumas, Husein mengatakan akan membuka obyek-obyek pariwisata alam lainnya untuk meramaikan pariwisata di Kabupaten Banyumas,  dengan memanfaatkan keindahan kondisi alam yang ada di Kabupaten Banyumas. “Silahkan optimalkan keindahan alam di Kabupaten Banyumas. Dijamin tidak ada rintangan dan upeti-upeti apapun selama tidak melanggar aturan-aturan yang berlaku dan tata ruang yang telah ditetapkan“ janji Husein. 

 

Di akhir sambutannya Husein mengatakan, kedepan dirinya akan membangun tempat ibadah yang besar dan fundamental. “Insya Alloh kedepan akan dibangun tempat ibadah yang besar di Kota Purwokerto berupa masjid akbar yang akan dijadikan tempat bersujud oleh pemeluk agama Islam,“ jelasnya.

 

Sumber :  Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


19 04 2013 07:21:5