PC NU Banyumas Gelar “Pasar Rakyat Indonesia”

Kabupaten Banyumas

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan Pasar Rakyat Indonesia di Pasar Desa Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang. Kegiatan dibuka oleh Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein, Sabtu (4/5). Hadir dalam acara tersebut antara lain kepala dinas/lemtekda Pemkab Banyumas, ketua dan pengurus PC NU Kabupaten Banyumas, pimpinan unit instansi Kecamatan Ajibarang, dan kepala desa, perangkat serta tokoh masyarakat Desa Ajibarang Kulon.

 

Ketua panitia kegiatan, Bambang Slamet Riyadi MPd menjelaskan, Pasar Rakyat Indonesia diselenggarakan oleh PC NU Kabupaten Banyumas untuk menindaklanjuti program yang telah dicanangkan oleh Pengurus Besar (PB) NU. Kegiatan serupa telah dilaksanakan oleh PC NU di kabupaten/kota lainnya. Di Kabupaten Banyumas, kata Bambang, kegiatan ini baru pertama kalinya dilaksanakan tahun ini.

 

Bambang menerangkan, tujuan penyelenggaraan Pasar Rakyat Indonesia untuk mengembangkan sinergi usaha retail dan dunia industri guna memberikan kontribusi positif bagi pemberdayaan umat dan kemajuan bangsa. “Pasar rakyat juga menjadi wadah pemberdayaan umat serta ajang silaturahim sesama warga Nahdliyin, partisan dan simpatisan NU” imbuhnya.

 

Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh PC NU Kabupaten Banyumas tersebut. Kata Achmad Husein, kegiatan tersebut membuktikan bahwa warga Nahdliyin mempunyai potensi besar dan memiliki kepedulian yang tinggi dalam pembangunan masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Banyumas, dalam bidang perekonomian khususnya untuk memberdayakan potensi lokal.

 

Husein mengatakan, NU sebagai organisasi kemasyarakatan berbasis agama Islam terbesar di Indonesia memiliki peran penting dalam memajukan umat di berbagai bidang. Disamping itu, NU yang terlepas secara formal dengan partai politik memberi keleluasaan bagi warganya untuk mengembangkan minat di dunia politik, sehingga mereka bebas memilih partai politik apapun demi kemaslahatan umat.

 

Terakhir Husein meminta kepada semua pihak, termasuk warga NU agar bersama-sama mensukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) karena tahun 2013 Kabupaten Banyumas akan menggelar Pilkades di 272 desa dan sebagaian sekarang sudah berlangsung “ saya mohon kepada semuan pihak, terutama warga nahdiyin yang hadir untuk bersama-sama mensukseskan Pilkades yang sebagian sekarang sudah berlangusung, karena tahun 2013 Kabupaten Banyumas menggelar 272 Pilkades “ jelasnya.

 

Terkait dengan perkembangan narkoba dan HIV di Kabupaten Banyumas, Husein mengatakan, peredaran narkoba di Kabupaten Banyumas semakin besar tapi tidak kelihatan dan perlu diwaspadai karena akan merusak genersai penerus kita untuk itu saya mengjak kepada para kyai, pimpinan Pondok pesantren untuk ikut selalu menanggulinya agar tidak berkembang.

 

Peredaran Narkoba di kabupaten Banyumas semakin besar tapi tidak kelihatan dan perlu diwaspadai karena akan merusak genersai penerus kita alhamdulilah peredaran di pondok-pondok pesantren tidak ada termasuk HIV untuk itu saya berharap para kyai, pimpinan pondok pesantren ikut selalu menanggulinya agar tidak berkembang“ ungkapnya.

 

Kepada para pengunjung Pasar Rakyat Husein berpesan,  kepada warga masyarakat yang akan berkunjung ke Pasar Rakyat untuk tidak saling berebut, bisa saling menghargai, saling membantu dan saling menjaga diri sehingga kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


06 05 2013 07:20:5