Achmad Husein : Hansip Garda Depan Terciptanya Situasi Kondusif di Wilayah

Kabupaten Banyumas

HUT ke-51 Hansip/Linmas Tingkat Kabupaten Banyumas 2013

Pertahanan Sipil (Hansip) atau Perlindungan Masyarakat (Linmas) merupakan garda depan terciptanya situasi kondusif di wilayah. Hansip/Linmas adalah salah satu komponen penting dalam rangka menciptakan ketertiban umum. Demikian dikatakan oleh Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-51 Hansip/Linmas Tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2013, Selasa (7/5) di Alun-alun Purwokerto.

 

Husein menegaskan, Hansip/Linmas mempunyai fungsi utama menjaga ketertiban umum di wilayah. Hal ini menunjukkan peran yang sangat penting dari keberadaannya, karena suksesnya pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah daerah bukan hanya terletak pada tataran pemerintah kabupaten, namun sampai pada tataran terbawah yaitu kelurahan/desa.

 

Ditambahkannya, kondisi wilayah yang kondusif merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu kehidupannya. “Ketentraman dan ketertiban wilayah adalah suatu keadaan dinamis yang memungkinkan pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dapat melakukan kegiatan dengan baik. Oleh karena itu ketentraman dan ketertiban wilayah perlu terus dijaga, bahkan lebih ditingkatkan” katanya.

 

Husein berharap momentum peringatan HUT ke-51 Hansip/Linmas merupakan sarana strategis dalam menumbuhkan kembali kesadaran secara kolektif dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban masyarakat yang merupakan tanggungjawab bersama. Husein juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan oleh satuan Hansip/Linmas selama ini.

 

“Tingkatkan terus kualitas pelaksanaan tugas Saudara sehingga dapat lebih profesional, kompeten dan berintegritas tinggi, sehingga dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi bidang perlindungan masyarakat, untuk mencapai hasil terbaik dalam upaya ikut serta menjaga citra dan wibawa pemerintah daerah” pesannya.

 

Upacara yang diikuti oleh anggota Hansip/Linmas dari seluruh kecamatan di Kabupaten Banyumas, serta anggota TNI dan POLRI tersebut berlangsung khidmat. Hadir di deretan kursi undangan, para pejabat dari Korem 071/Wijayakusuma, Bakorwil III Jawa Tengah, DPRD Kabupaten Banyumas, Forkominda Kabupaten Banyumas, para pejabat di lingkungan Pemkab Banyumas, serta Camat dan Kasi Trantibum kecamatan se-Kabupaten Banyumas.

 

Usai upacara, Bupati Banyumas menyerahkan secara simbolis santunan/uang duka kepada keluarga anggota Hansip yang meninggal dunia sebanyak 13 orang total Rp 19.500.000, tali asih bagi 25 anggota Hansip yang telah mencapai usia 60 tahun sebesar total 25.000.000, serta bantuan pembangunan 14 gardu Pos Kamling senilai total Rp 41.000.000.

 

Acara juga dimeriahkan dengan lomba defile pasukan yang diikuti oleh seluruh kecamatan di Kabupaten Banyumas. Defile diawali oleh regu Pataka Hansip/Linmas, Komandan Upacara, anggota TNI, POLRI dan Satpol PP, diikuti oleh regu Hansip/Linmas dari 27 kecamatan. Keluar sebagai juara pertama, regu Hansip dari Kecamatan Purwojati dengan total nilai 420, disusul di posisi kedua regu dari Kecamatan Purwokerto Timur dengan nilai 400, dan dari Kecamatan Kalibagor dengan nilai 365.

 

Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan penampilan atraksi Senam Balok yang dibawakan oleh personil Satlinmas TRC Kabupaten Banyumas.

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


07 05 2013 14:36:1