TMMD Sengkuyung I 2013 Dimulai

Kabupaten Banyumas

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Tahun 2013 yang dipusatkan di Desa Sibalung Kecamatan Kemranjen, Selasa (14/5) dimulai. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan di lapangan desa setempat, yang dihadiri antara lain oleh Bupati Banyumas, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, pimpinan dinas/lemtekda dan camat se-Kabupaten Banyumas. Bertindak selaku inspektur upacara Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Helmi Tachejadi Soerjono SH.

 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (Bapermas PKB) Kabupaten Banyumas, dr Widayanto MKes menjelaskan,  TMMD Sengkuyung I tahun 2013 direncanakan berlangsung selama 21 hari, mulai tanggal 14 Mei s/d 3 Juni 2013. Agenda kegiatannya berupa kegiatan fisik dan non-fisik dengan total anggaran sebesar 457 juta rupiah. Dana tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Banyumas 250 juta, APBD Provinsi Jateng 167 juta, dan swadaya masyarakat 40 juta. 

 

Sasaran pokok kegiatan fisik berupa pengaspalan dan pengerasan jalan makadam  sepanjang 1.400 meter x lebar 2,50 meter yang pra kegiatannya sudah dilaksanakan mulai 14 April 2013, dan sasaran tambahan berupa pembuatan 2 Poskamling, pemugaran 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan perbaikan 2 unit mushola.

 

Sementara kegiatan non-fisik yang akan dilaksanakan antara lain pasar murah; pelayanan KB; penyuluhan pertanahan; sosialisasi penyidikan, penindakan, penertiban galian C, diversifikasi pangan, konversi tanah dan air, keluarga sakinah, hukum terpadu, wajar dikdas non formal, KRR, PPBN; sosialisasi KDRT, UU Lalu Lintas, HIV, AIDS dan Narkoba; pelatihan budidaya ikan;  serta pembinaan anak putus sekolah dan kampanye sadar Akte Kelahiran dan KTP/KK.

 

Usai upacara pembukaan, Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein menyerahkan bantuan bibit tanaman antara lain rambutan sebanyak 1.000 batang, dan durian 950 batang. Dalam kesempatan yang sama bupati juga memberikan beasiswa dari Gerakan Organisasi Wanita (GOW) kepada 10 anak sekolah.

 Pasar Murah

Dalam rangka mendukung Kegiatan TMMD Sengkuyung I Tahun 2013, Pemkab Banyumas melalui kinerja Bagian Perekonomian Setda menggelar Pasar Murah bagi masyarakat sekitar lokasi TMMD, yang pelaksanaannya dipusatkan di halaman SDN Sibalung. Pembukan pasar murah dilaksanakan oleh Bupati, Ir Achmad Husein usai upacara pembukaan TMMD.

 

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Banyumas, Drs Sugiyanto MM dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya pasar murah untuk membantu pemenuhan sebagian kebutuhan sembako bagi masyarakat miskin di sekitar lokasi TMMD, khususnya masyarakat Desa Sibalung Kecamatan Kemranjen.

 

Sugiyanto menyebut, Pasar Murah diikuti oleh dinas/instansi dan pihak swasta, antara lain: Dinperindagkop, Dipertanbunut, Bapeluh KP, Dinakan, PKK kabupaten dan kecamatan,  Dharma Wanita Kabupaten, Persit, GOW, Bhayangkari, PKL Binaan Dinperindagkop, PKL Binaan GOW, PNPN Kecamatan Kemranjen, Toko Rita, Toko Sri Ratu dan Toko Indorizky.

 

Barang yang dijual disesuaikan dengan permintaan masyarakat Sibalung yang telah disampaikan melalui Kepala Desa dan Ketua BPD, yaitu barang kelontong, aneka bumbu, aneka produk plastik, pakaian, perlengkapan sekolah, sirup, kecap, mie instant, roti, sabun pakaian pantas pakai, telur, gula pasir, makanan olahan, barang pecah belah, sepatu dan sandal, serta sembako.

 

Jumlah sembako yang dijual di pasar murah sebanyak 450 paket seharga seharga Rp 55.000 per paket, yang dijual hanya dengan harga Rp 25.000 per paket, artinya masyarakat mendapatkan subsidi sebesar Rp 30.000 per paket (54,55%).

 

Selain pasar murah, pada saat yang sama juga dilakukan pemeriksaan (cek) golongan darah, pelayanan donor darah, serta pemasangan alat kontrasepsi secara gratis dari Dinas Kesehatan dan Bapermas PKB dalam rangka pencanangan Tentara Manunggal KB Kesehatan (TMKK), juga pemberian 50 paket sembako gratis oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas kepada warga lanjut usia kurang mampu, dan peninjauan lokasi- lokasi TMMD yang akan dikerjakan.

 

Dalam sambutan singkat sebelum pembukaan pasar murah, Bupati Achmad Husein mengatakan, seluruh kegiatan dalam rangka pelaksanaan TMMD Sengkuyung I Tahun 2013 merupakan kerjasama antara Pemkab, TNI dan masyarakat yang kedepan akan terus dilanjutkan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banyumas.

 

Seputar pasar murah Husein mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian dari berbagai elemen, baik pemerintah maupun swasta, dengan menjual barang dibawah harga pasaran. Untuk itu Husein mengapresiasi semua pihak yang turut menyukseskan pasar murah. Kepada masyarakat Husein berharap, pasar murah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, secara tertib dan aman. (Yon) 

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


14 05 2013 14:15:1