Menggali Aspirasi Masyarakat, Bupati lakukan Gerakan jum’at Bersih di berbagai Desa

Kabupaten Banyumas

Sebagai sarana untuk menyerap/menggali aspirasi masyarakat dan sekaligus untuk menggerakan budaya bersih di masyarakat Banayumas, Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein beserta jajarannya melakukan Kunjungan kerja dalam rangka gerakan jum’at bersih di desa Cikidang  Kecamatan Cilongok jum’at  (17/5) kemarin.

 

Kunja di Desa Cikidang merupakan kunja perdana sekaligus pencanangan gerakan jum’at bersih yang nantinya akan dilaksanakan di beberapa desa di Kabupaten Banyumas dan dikemas dalam sebuah rangkaian yang diawali dengan senam sehat bersama masyarakat, kerja bakti, sarasehan yang diawali dengan kultum, pemantuan di tempat-tempat yang memerlukan perhatian kusus dan sholat jum’at bersama.

 

Kades Cikidang Dikrun HS dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Desa Cickidang sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Bupati dan jajarannya, karena hal ini sangat baik untuk memotivasi masnyarakat untuk berbudaya hidup bersih dan sekaligus untuk menyerap aspirasi  dan menyelesaikan berbagai problem yang ada di masyarakat.

 

Dikrun menambahkan, dibeberapa RT di Desa Cikidang kegiatan kerja bakti sudah terbiasa dilakukan, bahkan ada Rt yang memberlakukan apabila ada warga yang tidak melakukan kerja bakti mengganti dengan membayar sejumlah uang yang digunakan untuk membeli konsumsi dan sisanya dimasukan kas Rt dan kedepan setelah didatangi oleh Bupati akan digerakan untuk semua Rt.

 

Dikrun juga menambahkan, walaupun masa jabatan dirinya Bulan Juni sudah akan berakhir karena pada pikkades yang lalu tidak mencalonkan diri, dirinya berharap agar pemkab menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan di desa Cikidang diantaranya Pembangunan Pendopo yang belum terselesaikan, penerangan jalan dan sarana prasarana masyarakat lainnya.

 

Bupati Ir. Achmad Husein usai menyerahkan bantuan untuk 5 Unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) msing-masing Rp. 2.500.000,- dari APBD Kabupaten Banyumas, bantuan untuk 2 unit RTLH dari program PNPM , Dana Hibah untuk Pembangunan jalan, Bantuan untuk Rehab Mushola Al Amin sebesar Rp. 5.000.000,- dan 10 unit PSN-KIT, mengatakan Gerakan jum’at bersih dimaskudkan untuk  melihat langsung kondisi masyarakat di Desa Cikidang  sehingga berbagai permasalahan yang ada akan dapat diselesaikan bersama demi terwujudya masyarakat yang lebih maju, sejahtera, damai dan lebih bahagia.

 

Husein juga mengatakan kegiatan jum’at bersih juga dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat berbudaya hidup bersih sehingga akan tercipta masyarakat yang sehat dan mampu beraktifitas untuk meningkatkan produktifitas dirinya sehingga kehidupannya akan lebih maju dan lebih sejahtera.

 

Husain menambahakan, Gerakan jum’at bersih yang baru dicanangkan untuk diteruskan setiap minggu oleh masyarakat jangan karena ada kunjungan bupati “Gerakan jum’at bersih tetap harus dilaksanakan setiap minggunya jangan hanya karena kedatangannya tapi merupakan sebuah rutinitas masyrakat dan dijadikan sebagai budaya masyarakat” jelasnya

Terkait dengan beberapa program yang akan dilaksanakan terdekat, Husein mengatakan, untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan perekaman E-KTP dan akta Kelahiran akan dilakukan dengan mobil pelayanan keliling sehingga akan mengurangi biaya yang dikeluarkan masyarakat, “ dalam waktu dekat pelayanan perekaman E-KTP dan akta kelahiran akan dilaksanakan dengan menggunakan mobil pelayanan keliling, dan berharap kepada para camat dan kades/lurah untuk menginformasikan dan mendatangi para wajib E-KTP untuk dapat memanfaatkannya” imbuhnya.

 

Terkait dengan program KBS, Husein menambahkan, Program KBS akhir bulan juli akan segera diluncurkan, sambil menunggu selesainya pendataan dan pencetakan kartu KBS maka untuk mempermudah pelayanan, program Jamkesda sekarang diberlakukan seperti  KBS yaitu tidak ada lagi pembatasan maksimal 3 juta.

 

Husain juga menghimbau, masyarakat diminta untuk bisa memaksimalkan lahan pekarangan yang ada dengan menanam berbagai kebutuhan dan apotik hidup yang dapat bermanfaat untuk keluarganya juga dapat dijadikan nilai tambah pendapatannya.

 

Terkait dengan akan berakhirnya masa jabatan kades Cikidang, Husein menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya kepada desa Cikidang, sehingga berbagai kemajuan telah dapat dicapai, walaupun belum seluruhnya, khusus untuk penyelesaian pembangunan pendopo setelah menanyakan kepada kabag pemerintahan, Husein akan langsung mengucurkan Rp. 20.000.000,- untuk penyelesaiannya.

 

Kegiatan kunja Bupati diakhiri dengan kunjungan ke rumah warga yang sangat miskin yaitu Risem Rt. 04 Rw. 01, Samsur Rt, 05 Rw. 01 dan Samarto Rt. 06 Rw.02 dan Sholat jum’at bersama di masjid jami Baiturohman Desa Cikidang.

 
Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas 


18 05 2013 09:03:5