Indonesia Yang Ramah dan Peduli Anak Dimulai dari Pengasuhan Dalam keluarga

Kabupaten Banyumas

” Indonesia Yang Ramah dan Peduli Anak Dimulai dari Pengasuhan Dalam Keluarga”  demikian tema dalam Gebyar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) dalam rangka Memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Banyumas yang di Gelar di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwa Kerta  Sabtu, (1/6) kemarin.

 

Kegiatan Gebyar PAUD ihadiri oleh para Pimpinan Dinas Instansi terkait, Kepala UPK se Kabupaten banyumas dan peserta dari 27 Kecamatan  dengan sasaran Anak Usia Dini yang berusia 2 s.d 6 tahun dari lembaga PAUD jalur Pendidikan Formal maupun Non Formal.

 

sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. Asis Kusumandani, M.Hum  dalam laporannya mengatakan Gebyar PAUD diikuti oleh 486 anak terdiri dari Anak Usia Dini Non Formal 9 Tahun sebanyalk 243 anak dan Anak Usia Dini Formal dari 27 Kecamatan 243 anak dengan tema Indonesia Yang Ramah dan Peduli Anak Dimulai dari Pengasuhan Dalam keluarga.

 

Asis menambahkan para peserta akan mengikuti kegiatan yang dibagi menjadi 2 katagri yaitu Katagori PAUD Formal yang terdiri dari tari kreasi baru, melempar bola dalam keranjang, membentuk dengan plastisin, menyanyi, mendongeng dan pantomin, sedangkan untuk Non Formal beruipa lari memindahkan bendera sesuai warna, mengecap dengan bahan alam, bergerak sesuai irama, bercinta dengan gambar, mencetak pasir dan perkusi bahan alam.

 

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Gebyar PAUD jelas Asis adalah untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas anak usia dini di Kabupaten Banyumas, mensosialisasikan layanan PAUD yang holistic meliputi pendidikan, kesehatan, pengasuhan gizi, perlindungan huklum dan pelayanan social, meningkatkan peran serta masyrakat dalam pembinaan dan penyelenggaraaan program layanan PAUD dan terseleksinya 18 peserta untuk mengikuti kegiatan Gebyar PAUD Tingkat Provinsi Jateng 18 juni 2013 di ambarawa.

 

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, untuk membentuk anak yang ramah dan peduli harus dimulai dari pendidikan dalam keluarga yaitu orang tua harus dapat memberikan contoh, suri tauladan dan pengawasan anak sejak usia dini.

 

Husein juga mengatakan, dengan kemajuan tekhnologi yang berkembang pesat dimungkinkan dapat mempengaruhi perkembangan anak sehingga dibutuhkan pendampingan dan penjelasan dari orang tua. “ orang tua harus selalu waspada dan jangan henti-henti mengawasi dan mendampingi anak agar dalam menerima kemajuan tekhnologi tidak salah mengartikan” ungkapnya.

 

Gebyar PAUD dalam rangka HAN Tahun 2013 akan diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang dan penetapan peserta yang akan m,engikuti Gebyar PAUD Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


03 06 2013 08:14:1