Bupati Pantau Pelayanan Akta Kelahiran di Kecamatan Baturraden

Kabupaten Banyumas

Sabtu (1/6) Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein memantau pelayanan pembuatan akta kelahiran yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) di Kantor Kecamatan Baturraden.

 

Pelayanan dengan sistem jemput bola yang tidak biasanya dilakukan, dengan menghadirkan para petugas pembuatan akta kelahiran langsung dari Dindukcapil Kabupaten Banyumas tersebut disambut antusias dan diikuti oleh tidak kurang dari 400 warga masyarakat Kecamatan Baturraden.

 

Sekretaris Dindukcapil Kabupaten Banyumas, MW Noersigit SH MH menjelaskan, terobosan ini dilakukan dalam rangka mendekatkan pelayanan kependudukan kepada masyarakat agar dapat mempermudah proses pelayanan dan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat pemohon.

 

Noorsigit mengatakan, setelah yang perdana di Kecamatan Baturraden, pelayanan dengan sistem ini juga akan terus dilaksanakan di kecamatan-kecamatan lain. Apalagi, berdasarkan hasil pemantauan, program ini disambut positif terbukti dengan antusiasme warga sekitar yang cukup besar.

 

Selain itu, Noorsigit juga menyebut wacana diberlakukannya sistem pelayanan dengan mobil keliling. Dengan mobil layanan keliling akta kelahiran yang saat ini sedang disiapkan kelengkapannya, pelayanan akta kelahiran diharapkan mampu menjangkau wilayah-wilayah yang lebih luas, untuk mempercepat terlaksananya program pemerintah pusat agar seluruh warga negara memiliki akta kelahiran.

 

Bupati Achmad Husein yang menyaksikan langsung kegiatan pelayanan tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Dindukcapil dan Kantor Kecamatan Baturraden, dan berpesan agar seluruh petugas pelayanan dapat bekerja dengan baik dan hati ikhlas.

 

Dalam kesempatan tersebut, Achmad Husein juga menyempatkan meninjau mobil yang sedang dipersiapkan untuk pelayanan akta kelahiran dan perekaman e-KTP keliling, dan berharap agar rencana Dindukcapil tersebut dapat segera direalisasikan.(sbr)


03 06 2013 08:15:4