156 Pelajar dan Santri Ikuti MTQ XXV dan MHQ X Tingkat Kabupaten Banyumas 2013

Kabupaten Banyumas

Sebanyak 156 peserta yang merupakan pelajar dan santri perwakilan dari 27 kecamatan se-Kabupaten Banyumas mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MHQ) Umum XXV dan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren X tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2013 yang dilaksanakan di Kompleks Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas.

 

Peserta sejumlah tersebut terbagi kedalam 8 cabang lomba, dari 2 kategori yang dilombakan selama 2 hari, mulai Selasa hingga Rabu (18-19 Juni 2013). Kedua kategori tersebut yaitu Cabang Tilawatil Qur’an yang meliputi golongan Anak-anak Putra dan Putri, golongan Remaja Putra dan Putri, serta golongan Dewasa Putra dan Putri yang dilombakan di hari pertama.

 

Sedangkan 5 cabang lainnya dari Kategori Hifdzil Qur’an yang meliputi golongan 1 Juz dan Tialwah putra dan putri, golongan 5 juz dan tilawah putra dan putri, golongan 10 juz putra dan putri, golongan 20 juz putra dan putri, serta golongan 30 juz putra dan putri dilombakan pada hari kedua.

 

Drs Bambang Sucipti MPd I, Kepala Kantor Kemendag Kabupaten Banyumas selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, hasil kejuaraan penyelenggaraan MTQ Umum XXV dan MHQ Pesantren X tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2013 ini apabila memenuhi syarat standar minimal MTQ akan diikutkan pada Musabaqoh tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 2-5 Juli 2013 di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

 

Pembukaan MTQ XXV dan MHQ Pesantren X secara resmi dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas, Ir Mayangkoro di Pendopo Sipanji pada Selasa (18/6), dihadiri antara lain para Asisten Sekda; kepala dinas/instansi terkait; kabag di lingkungan Setda; para camat, kepala KUA, penyuluh Agama Islam dan pengawas pendidikan Agama Islam, serta ketua LPTQ kecamatan se-kabupaten Banyumas.

 

Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein dalam sambutan yang dibacakan Sekda mengajak seluruh umat Islam untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas membaca Al-Qur’an (tadarrus) dan mengkhatamkannya secara berkesinambungan sehingga bisa menjadi sebuah long life education, serta menjadikan belajar baca tulis Al-Qur’an sebagai hal pertama dan utama bagi anak-anak.  

 

Selanjutnya Husein mengatakan, berbagai kegiatan musabaqoh, seperti halnya MTQ dan MHQ ini perlu terus ditingkatkan bahkan dikembangkan, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta meningkatkan dan mendorong semangat dalam memahami, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Kitab Suci Al-Qur’an.

 

Di akhir sambutannya Husein berharap penyelenggaraan MTQ dan MHQ tingkat Kabupaten Banyumas dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Kepada seluruh peserta Husein berpesan agar mereka mengikuti kegiatan dengan penuh semangat, percaya diri dan konsentrasi yang tinggi, serta mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku. “Mudah-mudahan kalian berhasil meraih prestasi terbaik, dan menjadi duta Kabupaten Banyumas pada musabaqoh tingkat Provinsi Jawa Tengah” katanya.


19 06 2013 10:23:2