318 KK di Sokawera Terima Bantuan Sembako

Kabupaten Banyumas

Sebanyak 318 keluarga miskin di Desa Sokawera Kecamatan Cilongok mendapatkan bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten Banyumas. Paket sembako dibagikan Senin (24/6), dimulai dengan penyerahan secara simbolis kepada beberapa perwakilan warga oleh Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein di halaman Masjid Jami’ Nurul Hidayah Dusun Kubangan Desa setempat.

 

Penyerahan bantuan sembako dengan total nilai 50 juta rupiah tersebut merupakan program pemkab melalui kinerja Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (Bappeluh KP) Kabupaten Banyumas, dalam kegiatan Penanganan Daerah Rawan Pangan Kabupaten Banyumas tahun 2013. 

 

Kepala Bappeluh KP, Ir Wisnu Hermawanto SP menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah mengantisipasi terjadinya rawan pangan, menanggulangi kajadian rawan pangan kronis dan transien, serta meningkatkan kemampuan petugas dan masyarakat dalam mengatasi kejadian rawan pangan di Kabupaten Banyumas. 

 

Seputar bantuan yang diberikan Wisnu merinci, sembako yang dibagikan kepada masyarakat Desa Sokawera Kecamatan Cilongok meliputi beras 1.590 kg, minyak goreng 636 liter, telur 636 kg, bawang putih 159 kg, bawang merah 159 kg, kacang hijau 159 kg, gula pasir 318 kg, susu 318 kaleng, mie instan 1.590 bungkus, dan kecap 318 botol.  

 

Bantuan tersebut diperuntukkan bagi 318 KK yang terdaftar dalam rumah tangga sasaran (RTS). Jumlah tersebut, kata Wisnu sebagian dari 2.768 KK miskin yang ada di Kecamatan Cilongok, dari total 20.625 KK miskin di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas. Wisnu berharap kegiatan tersebut dapat dilanjutkan pada tahun berikutnya dengan nilai bantuan dan penerima yang lebih besar.

 

Bupati Achmad Husein usai menyerahkan sembako secara simbolis berpesan kepada para penerima, agar bantuan sembako yang diterima dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

 

Menanggapi permintaan warga tentang perbaikan sarana akses jalan, fasilitas pendidikan, sarana ibadah, rumah tidak layak huni (RTLH), dan pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) Dusun Rinjing Desa Sokawera sebagaimana disampaikan Kades Mukhayat, Husein berjanji akan mengawali dengan melaksanakan perbaikan jalan yang realisasinya dimungkinkan tahun ini. 


Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


25 06 2013 12:33:1