Pasar Tumpah Banyumas Berpotensi Sendat Arus Mudik Lebaran

Kabupaten Banyumas

Beberapa pasar tumpah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah diprediksi bakal menyebabkan kemacetan di jalur selatan maupun jalur tengah yang melintasi kabupaten Banyumas.
 
Beberapa pasar tersebut adalah Pasar Banyumas, Pasar Wijahan, Pasar Sokaraja, Pasar Karanglewas, Pasar Ajibarang, Pasar Jatilawang dan Pasar Patikraja. Pada jam-jam sibuk, biasanya pedagang dan pengunjung pasar membludak hingga memenuhi badan jalan.
 
"Kami akan memasang barikade untuk mengantisipasi kesemrawutan di pasar tumpah," kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishubkominfo Banyumas, Agus Sriyono kepada wartawan, Minggu (28/7).
 
Agus menambahkan pemudik bisa melewati jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan di pasar tumpah.
 
Di Sokaraja, pemudik bisa menggunakan Jalan Sangkalputung agar tidak terjebak kemacetan di pertigaan pasar Sokaraja. Di Pasar Patikraja, bagi pemudik yang hendak menuju Yogyakarta atau Semarang bisa menggunakan jalur Rawalo-Sampang yang relatif bebas macet.
 
Selain kemacetan yang disebabkan pasar tumpah, palang pintu kereta juga berpotensi menyebabkan macet. Antara Kabupaten Banyumas menuju Kebumen setidaknya terdapat tiga perlintasan kereta api yang lokasinya berdekatan sehingga rawan macet.
 
Dishubkominfo juga mengimbau agar pemudik mewaspadai jalan rusak dan berlubang. Di beberapa wilayah Banyumas hingga saat ini masih ada jalan rusak. Antara lain di Lumbir, Ajibarang dan Sumpiuh.


04 08 2013 11:58:3