Daftar Nama Hotel di Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Banyumas akan menerjunkan tim survei lampu penerangan jalan umum (LPJU), selama arus mudik Lebaran.  Tim ini akan bekerja setiap malam untuk melakukan pemantauan, sekaligus perbaikan terhadap lampu penerangan yang padam.

Kabid Migas Listrik dan Pemanfaatan Energi (MLPE) Dinas ESDM Banyumas, Saptono Purwo P, Rabu (31/7), mengatakan selain menerjunkan tim survei lampu, dinas juga menyiagakan petugas jaga saat arus mudik nanti. ''Kami punya dua tim yang melakukan perbaikan lampu.  Sedangkan saat Lebaran, kami juga menyiagakan petugas piket,'' ungkapnya.

Sementara itu untuk menghadapi arus mudik, saat ini dinas sedang melakukan perbaikan lampu penerangan yang rusak atau padam di sejumlah titik, terutama jalur yang dilalui para pemudik.

''Tim kami sedang bekerja.  Namun bila masyarakat menemukan adanya lampu padam yang belum ditangani, kami harapkan untuk menunggu, sebab petugas kami terbatas. Diharapkan seluruh kerusakan lampu tersebut sudah bisa ditangani pada pekan ini,'' jelasnya.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab lampu penerangan jalan padam atau rusak, seperti faktor usia lampu, konsleting listrik atau piranti otomatisnya rusak lantaran kemasukan binatang kecil, serta tegangan listriknya tidak stabil.

''Beberapa kasus yang kami temukan, seringkali piranti otomatisnya rusak, lantaran kemasukan semut atau cicak.  Kalau sudah begini, butuh waktu untuk memperbaiki,'' jelasnya.

Beberapa ruas jalan yang menjadi prioritas penanganan Dinas ESDM adalah jalur utama yang dilalui pemudik, seperti Jalan Raya Pekuncen, Wangon, Jatilawang, Lumbir dan lain sebagainya.

''Keberadaan lampu penerangan di jalur utama Pekuncen dan Lumbir diperlukan, sebab jalannya banyak tikungan.  Jalur-jalur seperti ini yang akan kami prioritaskan untuk mendapatkan perhatian,'' ujar Saptono.

Bahkan tidak hanya jalur utama, menurutnya, jalur alternatif juga tetap mendapatkan perhatian, mengingat tidak semua pemudik melewati jalur utama. Bagi mereka yang sudah hafal dengan medan jalur alternatif, biasanya akan lebih memilih untuk melewati jalan itu.  Pasalnya jalur alternatif ini relatif sepi dan biasanya arus lalu lintasnya tidak begitu padat.

''Kami sudah memasang lampu di sejumlah jalur alternatif tersebut, seperti jalan baru yang menghubungkan Somagede Banyumas dengan Wijahan.  Namun demikian, pemasangan lampu ini baru dapat dilakukan pada beberapa titik yang dinilai membutuhkan,'' tandasnya.


04 08 2013 12:38:5