Penutupan TMMD Reguler 2013

Kabupaten Banyumas

TNI Mangunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 91 dan Sengkuyung Tahap II Di Wilayah Kodam IV/Diponegoro Tahun 2013 yang dilaksanakan di Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang , selasa (30/10) kemarin, resmi di tutup. Penutupan TMMD dilakukan oleh  Wakil Bupati Banyumas dr. Budi Setiawan ditandai dengan persemian dan peninjauan  proyek-proyek hasil TMMD. 

Dandim 0701 Banyumas melalui pasiter Kapten Infantri Muklis S.Sos dalam laporannya mengatakan, kegiatan TMMD mampu menyelesaikan 100% berbgai kegiatan  antara lain Saasaran pokok berupa pengaspalan jalan sepanjang 1.050 x 3 meter, sasaran tambahan terdiri dari rehab Pos Kamling 2 unit, rehab Musholla dan Masjid 2 unit, Rehab Rumah Tidak Layak Huni 12 unit dan perbaikan jembatan  6 x 5 meter.

Muklis, juga melaporkan disammping sasaran pokok dan tambahan, TMMD juga mampu melaksanakan sasaran lain berupa pembangunan talud jalan dengan panjang 30 m, Tinggi 150 meter, pembangunan gorong-gorong 3 titik serta kegiatan non fisik berupa penyuluhan, dan pelatihan oleh berbagai Dinas/instansi di Kabupaten Banyuma.

Muklis menambahkan, kegiatan TMMD menghabiskan dana sebesar 566.750.000 yang berasal dari Mabes TNI (Oprasional) ssk Rp. 141.750.000,- APBD Prov Jateng Rp. 135.000.000,- APBD Kabupaten Banyumas Rp. 250.000.000,- Batuan Interdis Rp. 23.000.000,- dan Swadaya masyarakat Rp. 40.000.000,-

Manfaat yang didapat dalam kegiatan TMMD Jelas Muklis antara lain membangun kebutuhan sarana dan prasarana trnsportasi guna meningkatkan drajat kesejahteraan masyarakat pedesaan, menumbuhkan motivasi dan prakarsa membangun kepada masyarakat, serta kesadaran berbangsa dan bernegara dan meningkatkan peran masyarakat sebagai subyek pembangunan.

Gubenur Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wabub dr. Budi Setiawan menyampaikan TMMD mampu menjadi perekat dan pemersatu antara TNI dengan rakyat, manunggal menjadi satu,untuk terus dikembangkan karena TNI berasal dari oleh dan untuk rakyat

Gubenur juga menyampaikan,pembangunan Jawa Tengah 5 Tahun kedepan akan diarahkan untuk mewujudkan Visi menuju Jawa Tegah yang sejahtera dan berdikari dengan menerapkan trisakti Bung Karno sebagai sepirit membangun yaitu Berdaulat Secara Politik dengan menjalankan pemerintah yang berpihak kepada rakyat dan tidak mengijinkan intervensi pihak asing, Berdikari secara Ekonomi dengan tidak mengimpor barang yang diproduksi dalam negeri dan Berkepribadian Dalam Kebudayaan dengan melaksanakan pembangunan yang bernafaskan Kebudayaan dan Kearifan local.

Terkait dengan pelaksanaan TMMD Gubenur berharap agar TMMD sebagai upaya nyata penanggulangan kemiskinan serta peningkatan derajat hidup masyarakat, sasaran fisik merupakan kebutuhan riil Masyarakat, peningkatan kerjasama yang sinergis antar Staekholder , sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan akselerasi pembangunan di daerah dan memanfaatkan hasil pelaksanaan program TMMD yang telah dicapai melalui kegiatan fisik dan non fisik untuk meningkatkan kegiatan perekonomian masyrakat. 

WAKHYONO- Humas Kabupaten Banyumas

 


30 10 2013 10:06:0