Banyumas Gelar Pameran Buku dan Arsip 2013

Kabupaten Banyumas

Dalam rangka untuk menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyrakat terhadap arti pentingnya arsip serta sebagai upaya untuk menumbuhkan minat baca dan menambah pengetahuan masyarakat Pemkab Banyumas melalui Kantor perpustakaan dan Arsip Daerah menyelenggarakan Pemran Buaku dan Arsip Tahun 2013.

 

Pameran diselenggarakan selama  6 hari mulai tanggal 29 oktoer 2013 sampai dengan 3 Nopember 2013 di Kantor Bakorwil III Jawa Tengah dibuka oleh Wakil Bupati Banyumas dr. Budi Setiawan dihadiri oleh Para Asisten Sekda Kabupaten Banyumas , Kepala Dinas/Lemtekda, Camat se Kabupaten Banyumas dan dari berbagai sekolahan di wilayah Purwokerto.

 

Kepala Kantor  perpustakaan dan Arsip Daerah Drs. Setia Rahendra dalam mlaporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya pemeran buku dan perpustakaan adalah untuk menanamkan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air, untuk menumbuhkan gemar membaca, menulis dan gemar mengunjungi perpustakan bagi masyarakat.

 

pameran diikuti oleh Kantor Perpustakaan dan arsip daerah Kab. Banyumas, Badan Arsip dan Perpustakaan Prof Jateng, Batalyon 405 wangon, BNK, Pelaku Usaha Komputer/IT, Penerbit/took buku, Bank Danaman dan pelukiss dengan  sasaran adalah pelajar/mahasiswa, pustakawan/pengelola perpustakaan, budayawan, ilmuwan, ariparis/pengelola arsip dan masyarakat umum.

 

acara juga akan didukung dengan berbai kegiatan unruk menumbukan minat baca, gemar ke perpustakaan dan peduli arsip antara lain kegiatan utama berupa Pencanangan Gerakan Gemar Membaca “Banyumas Membaca”, Konvoi mobil perpustakaan keliling (Pusling) dari perpustakaan Daerah wilayah Bralingmascakeb, Aksi membaca bersama dan wisata buku.

 

sedangkan acara tambahan berupa Talksow dengan tema “membangunKarekter Pemuda Harapan bangsa dengan Gemar Membaca dan Peduli Arsip”, mendongeng bersama, lomba bercerita (cerita rakyat, sejarah, asal usul desa/daerah/tempat), lomba foto dengan tema”kepegrok membaca dan Banjoemas tempo Doloe dan sekarang”, lomba membuat artikel tentang arsip yang ditulis melalui blog dan lomba mewarnai  dengan kegiatan penudukung untuk meramaikan berupa pentas seni dan hiburanm, pemutaran film documenter dan kuis berhadiah.

 

Wabub dr.Budi Setiawan dalam sambutannya menyampaikan, Membaca merupakan salah satu sarana untuk dapat mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, mau dan mampu berpikir maju, inovatif dan kreatif. dengan gemar membaca, maka si pembaca akan terbuka cakrawala dan wawasan berpikirnya, bertambah ilmu, pengetahuan dan pengalamannya, serta terasah kecerdasannya.

Dengan buku, berbagai informasi yang disajikan telah melalui proses yang panjang dan terseleksi, sehingga akurasi dan validitas data yang disajikan lebih bisa dipertanggungjawabkan. maka tidak berlebihan apabila perpustakaan sebagai salah satu lembaga penyedia informasi. dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, serta sebagai bagian dari pendidikan untuk mencerdaskan bangsa, perlu terus dimasyarakatkan dan dikembangkan.

 

Oleh karena itu tidaklah salah apabila dikatakan perpustakaan merupakan sarana yeng efektif untuk menciptakan masyarakat terpelajar dan terdidik, gemar membaca, berbudaya tinggi serta mendorong terciptanya pendidikan sepanjang hayat (long life education). oleh karenanya, perpustakaan perlu dikelola secara terorganisir dan sistematis, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar masyarakat di sekitar tempat perpustakaan tersebut berada.

 

Terkait dengan kemudahan informasi terutama melaluji dunia maya, wabub berpesan agar masyarakat selektif dan wapada karena dimungkinkan ada unsur subyektivitas dan publisitas dari pemasok data (user), yang berdampak pada kurang validnya data/ informasi yang disampaikan.

 

Sumber : Humas dan Protokol Setda Banyumas


31 10 2013 07:37:2