Pemkab Apresiasai Seniman dan Budayawan

Kabupaten Banyumas

Pemerintah Kabupaten Banyumas mengapresiasi para pelopor Seni dan Budaya dan para pegiat  seni  yang konsisten melakukan aktifitas dalam bidang yang digelutinya dalam bentuk penghargaan Anugerah Gatra Budaya Banyumas Tahun 2013.

 

Penganugerahan penghargaan dilaksanakan pada acara malam Anugerah Gatra Budaya Tahun 2013 yang digelar dipendopo Sipanji Kabupaten Banyumas Jum'at  (27/12), hadir turut menyaksikan DPRD Kabupaten Banyumas, Jajaran Forkompinda Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas/Lemtekda, Camat  Se Kabupaten Banyumas dan para Oragnisasi Seni dan pelaku Seni  di Kabupaten Banyumas.

 

Pada kegiatan tersebut diserahkan 9 orang pelopor seni dan Budaya baik yang masih hidup maupun sudah meninggal dunia masing-masing adalah Ki Sugino Siswocarito (dalang), Bapak Soetedjo (Komponis), Ibu Kunes (Sinden Lengger), Dariyah (Lengger Lanang), Sulah (Lawak), Rasito (Karawitan-Calung), Achmad Tohari (sastra), Hadi prayitno (batik),  dan Ismail (Pelukis).

 

Sedangakan penghargaan untuk 10 orang penggiat seni antara lain RUSTAM (katagori seni Karawitan), Ki BAGAS KRISWANTO (Pegiat Seni Pedalangan), SAFITRI (Pegiat Seniwati Lenggeer), SUKENDAR (Pegiat Seni Calung), KUSTIYAH (Pegiat Seni Tari), CIBLEK (Pegiat Seni Lawak), HADI WIJAYA (Pegiat Seni Lukis), EDI ROMADHON (Pegiat Seni Teater), MUHARTO (Pegiat Pelestari Adat), BAMBANG WADORO (Pegiat Seni Sastra), dan DILASTRI (Pesinden).

 

sekretaris Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Condro Kalpiko dalam laporannya menyampaikan kegiatan malam Anugerah Gatra Budaya Tahun 2013 dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan Lembaga Penelitian dan pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

 

sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan  adalah untuk memberikan apresiasi kepada seniman dan budayawan guna memotivasi para seniman dan budayawan dalam berkarya dan mengembangkan kesenian dan kebudayaan Banyumas serta terlaksananya standar pelayanan minimal oleh Pemerintah Kabupaten banyumas di Bidang Kesenian dengan tujuan untuk meningkatkan eksistensi seniman dan budayawan Banyumas dalam ikut serta membangun karakter Bangsa.

 

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, penghargaan kepada para pelopor seniman dan Budayawan serta pegiat seni dan budaya merupakan bentuk apresiasi dan rasa terima kasih pemerintah Kabupaten Banyumas kepada para pelaku seni dan budaya yang konsisten bergelut di bidangnya.

 

" Saya atas nama Pemkab Banyumas memberikan apresiasi dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pelopor seni dan budaya Banyumas yang selalu konsisten dalam melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya dibanyumas hingga sampai dengan saat ini masih hidup dan lestari, dan kepada para pegiat seni saya ucapkan selamat dan berharap berjuang terus untuk berkiprah melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya dan berperan serta dalam pembangunan"ungkapnya.

 

Terkait dengan padangan pemkab terhadap seniman Husein mengatakan" Seniman diibaratkan adalah bumbu yang membuat suasana lebih indah dan hidup seperti diibaratkan  dalam makanan bumbu  yang akan membuat enak makanan untuk dimakan" jelasnya.

 

Husein menambahkan, seniman adalah memiliki prisnsip, watak dan ego tersendiri sehingga susah untuk disatukan sama halnya dengan politikus yang juga sulit untuk disatukan namun masing-masing tetap berkiprah dan berkarya dalam membangun Banyumas sesuai dengan bidang yang digelutinya tanpa ada rasa dianaktirikan .

 

Acara malam Anugerah Gatra Budaya Banyumas tahun 2013 di ramaikan dengan penampilan parade kebaya batik, tari gatot Kaca Gandrung, Tarian Rumekasa dan penampilan penyai dan gup band dari Unseod Purwokerto.


30 12 2013 07:57:3