Sebanyak 932 Calon Haji Banyumas Pamit Ke Bupati

Kabupaten Banyumas

Pelepasan dan pamit Calon Haji Kabupaten Banyumas  Tahun 2013

Sebanyak 932 Calon Haji dari Kabupaten Banyumas musim haji 2013 Selasa (10/9), pamit Ke Bupati dan beberapa pejabat tinggi di Kabupaten Banyumas, acara pamit Calhaj di gelar di Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas dan dikemas dalam bentuk pamit dan pelepasan  calhaj,  hadir selain Bupati Ir. H. Achmad Husein , Wakil Bupati, Ketua DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPINDA) dan Para Kepala SKPD di Kabupten Banyumas.

 

Kepala Seksi Penylenggara Haji Umroh (PHU) Kementrian Agama Kabupaten Banyumas H. Amirudin, S.Hi dalam laporannya menyampaikan data calon jemaah Haji dari Kabupaten Banyumas untuk musim Haji 2013 terdiri dari   jamaah yang melunasi BPIH dan masuk porsi aman 927 orang, petugas TPHD/TKHD 6 Orang, jumlah batal 2 orang karena meninggal dunia, tunda 2 orang karena sakit, mutasi keluar 4 orang, mutasi masuk 7 orang sehingga jumlah  calhaj yang siap berangkat 932 orang.

 

Terkait dengan rencana pemberangkatan dan pemulangan, Amirudin menjelaskan, pemberangkatan Calhaj dari Kabupaten Banyumas akan diberangkatkan dalam 3 Kelompok terbang (Kloter)  yaitu kloter 30/SOC terdiri dari  196 Calhaj dan akan bergabung dengan Kabupaten Cilacap berangkat hari Jumat 20 September pukul 00.00 WIB dari Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas dan akan masuk dalam maktab di Mahbas Jin, No Maktab 10, No Rumah 210 dan 211 direncanakan kembali ke tanah air 1 November 2013.

 

Kloter 31/SOC terdiri dri 370 Calhaj  diberangkatkan dari Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas  pukul 04.00 WIB akan menempati Maktab di Ma’abdah 16 Nomor rumah 325 dan 326 dan direncanakan kembali ke tanah air tanggal 1 November 2013 sedangkan Kloter 32/SOC berangkat hari sabtu tanggal 21 September 2013 pukul 02.00 WIB dari pendopo sipanji  dan akan bergabung dengan Kabupaten Purbalingga maktab di Misfalah no maktab 31 Nomor rumah 701 kembali ke tanah air direncanakan tanggal 2 November 2013.

 

Sementara Abdul Hamid Rusdi mewakili para Calhaj dalam kata pamitannya menyampaikan, agar dido;akan dapat melaksanakan akhlak-akhlak dalam berhaji yaitu Tadabbur, Tafakur (berpikir positif/berprasangka baik ke Alloh), Tasanuh (Toleransi/saling menghormati), Tangawun (saling tolong menolong), Konaah (nrima ing pandum selama di mekah dan madinah) dan Watawa Saubil Khakqi Watawa Saubi Sobri.

 

Bupati Banyumas dalam sambutannya menyampaikan ibadah haji merupakan ibadah yang istimewa. sebagai rukun Islam yang kelima, ibadah haji hanya diwajibkan sekali bagi umat islam yang mampu melaksanakannya, sebagai bentuk kecintaan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT “ untuk bisa “naik” haji, seseorang harus memenuhi persyaratan khusus, yaitu kemampuan lahiriah seperti  fisik yang sehat dan materi yang cukup, juga dibutuhkan kemampuan ruhaniah, seperti pengetahuan tentang ibadah haji, kekuatan mental, kesabaran, kebesaran jiwa, kemampuan mengendalikan diri, serta kemampuan menahan emosi dan hawa nafsu” ungkapnya.

 

Kepada para Calhaj Husein berpesan, agar menjaga kesehatan karena cuaca ataupun suhu di Kabupaten Banyumas sangatlah berbeda dengan di tanah suci, menjaga persatuan dan kesatuan, kekompakan, serta hindari terjadinya perpecahan dalam kelompok, agar dapat menjalankan rukun haji dengan khusuk, kalau ada permasalahan, cepat laporkan kepada petugas agar dapat dicari jalan pemecahannya, jangan bepergian keluar seorang diri, ajaklah teman dekat dan melapor kepada ketua regu, awasi barang-barang dan surat-surat berharga, jangan sampai hilang atau tertinggal dan khusus kepada Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD)  dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) , untuk dapat  memberikan pendampingan dan layanan kesehatan kepada calon jamaah haji dengan sebaik-baiknya, secara prima dan paripurna.

 

Sumber : Bagian Humas & Protokol Setda Kabupaten Banyumas


10 09 2013 13:37:0