BUPATI JANJIKAN TAHUN 2014 AKTE KELAHIRAN GRATIS

Kabupaten Banyumas

Purwokerto-Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menanda tangani Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding ( MoU) dengan Yayasan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Pimpinan Drs. Slamet Efendi Yusuf Rabu (18/9) di Graha Satria Purwokerto.

 

Acara dihadiri oleh Asistem Pemermerintahan dan Administrasi, Kepala Dindukcapil,  Camat se Kabupaten Banyumas juga dihadiri perwakilan dari organisasi masyarakat dan pemuda serta tokoh masyarakat.

 

Kerja sama ini berupa sosialisasi cara pembuatan dokumen pribadi berupa akte kelahiran. Ketua IKI Slamet Efendi Yusuf mengatakan bahwa akte kelahiran merupakan dokumen vital dan esensial yang menjamin hak hukum bagi warga negara. Sehingga warga negara wajib mempunyainya. “Saat ini 38 % Warga Negara Indonesia belum memiliki akte kelahiran, untuk itulah kami hadir bersama-sama Pemerintah kabupaten Banyumas dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, untuk memberikan sosialisasi bahwa pembuatan akte kelahiran itu mudah dan murah” kata Slamet.

 

Bupati Banyumas Ir. Achmad menyambut baik atas inisiatif dari warga masyarakat maupun LSM yang turut membantu Pemerintah dalam sosialisasi kependudukan. Bupati menyadari bahwa masih ada warga yang merasa membuat akte itu sulit, maka dengan kerja sama ini untuk mempercepat sosialisasi agar masyarakat paham mengerti dan membuat akte itu mudah dan murah. “Tahun ini saya sudah berusaha mendekatkan pelayanan akte di Kantor Kecamatan, yang semula harus lewat pengadilan, dan untuk tahun 2014 saya berjanji akan membebaskan biaya pembuatan akte kelahiran atau dengan kata lain pembuatan akte kelahiran gratis” kata Bupati yang disambut tepuk tangan hadirin.

 

Karena itu adalah hak anak, dan setiap anak berhak satu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan “Maka selayaknya pemerintah yang mempunyai kewajiban” lanjut Bupati.

 

Kepala Dindukcapil Ratimin Sejo Wikarto, S.Sos, M.M mengatakan bahwa pendapatan dari pembuatan akte kelahiran tahun 2013 ini hampir satu milyar. Dari hasil pendapatan ini Bupati Berjanji akan menggali sumber pendapatan lain.

 

Acara kerja sama ditandai dengan penanda tanganan MOU dan penyerahan alat peraga dari Ketua IKI kepada Bupati, Kepala Dindukcapil dan Perwakilan masyarakat serta pemberian kenang-kenangan dari Bupati kepada Ketua IKI.

 

Sumber  : Bagian Humas dan Protokol Pemkab Banyumas


19 09 2013 13:13:0