Forum BKM/LKM PNPM-MP gelar Lokakarya dan pelatihan

Kabupaten Banyumas

Bertempat di Pendopo Wakil Bubati Banyumas Rabu, (25/9) kemarin, dilaksanakan lokakarya dan pelatihan Forum BKM/LKM PNPM-MP. lokakarya dilaksanakan selama 2 hari yakni 25-26 September 2013 dan di buka oleh Asisten Ekonomi pembangunan dan Kesra Ir. Tjutjun Sunarti Rochidie mewakili Bupati Banyumas yang tidak dapat hadir secara pribadi, turut hadir para kepala SKPD Terkait, Camat lokasi PNPM.

 

Kordinator BKM Kabupaten Banyumas Drs. Nursito Karsoputra dalam laporannya menyampaikan Lokakarya dan pelatihan dimaksudkan sebagai sarana peningkatan kapasitas Forum BKM/LKM dengan tujuan untuk perkuatan kelembagaan Forum BKM/LKM dan kelembagaan BKM/LKM PNPM-MP Kabupaten Banyumas, peningkatan  wawasan  para anggora serta peningkatan kinerja Forum BKM/LKM dan Kinerja BKM/LKM PNPM-MP Kabupaten Banyumas.

 

lokakarya diikuti oleh 200 peserta terdiri dari Anggota Forum BKM/LKM Kecamatan, BKM/LKM PNPM-MP Kaubupaten Banyumas dan dan undangan  dengan materi yang akan disampaikan meliputi mencermati PNPM-MP pasca 2014 oleh BAPPEDA Banyumas, Peningkatan Produktivitas (Dinsosnakertrans) Potret warga miskin ( BPS)  dan peningkatan kinerja fórum BKM/LKM dan lembaga BKM/LKM PNPM – MP Kabupten Banyumas.

 

Bupati Banyumas pada sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asekbang &Kesra mengatakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan untuk mewujudkan masyarakat “berdaya“ dan “mandiri”, dan mampu mengatasi berbagai persoalan kemiskinan dan BKM merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan PNPM-MP yaitu lembaga yang dirancang untuk membangun kembali kehidupan masyarakat mandiri yang mampu mengatasi kemiskinannya, dengan misi untuk menumbuhkan kembali ikatan-ikatan sosial dan menggalang solidaritas sosial sesama warga agar saling bekerjasama demi kebaikan bersama.

 

bupati juga menyampaikan, masalah kemiskinan merupakan persoalan yang dihadapi oleh setiap bangsa, yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab dan dipengaruhi berbagai variabel, baik yang bersifat internal maupun global, serta bersifat dinamis dari waktu ke waktu. dengan dimensinya yang luas dan kompleks, maka upaya penanggulangan kemiskinan perlu ditangani secara komprehensif, sistemik, dan berkelanjutan, dan menuntut keterlibatan berbagai pihak, termasuk di dalamnya warga masyarakat.

 

Untuk itu Bupati berharap melalui lokakarya dan pelatihan diharapkan akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan jajaran forum KBM/LKM PNPM-MP, sehingga akan meningkat pula praktek kerja lapangan jajaran forum kbm/lkm, yang muaranya diharapkan akan mendorong terwujudnya kesejahteraan rakyat banyumas.

 

Sumber : Bagian Humas & Protokol Setda Kab. Banyumas


26 09 2013 13:17:0