177 Pejabat Alami Rotasi, Pol PP dijabat perempuan, dinporabudpar Sementara kosong

Kabupaten Banyumas

sebanyak 177 Pejabat eselon II,III dan IV di lingkungan Pemerintah kabupaten Banyumas Jum'at (3/1) kemarin mengalami rotasi jabatan, Pengambilan sumpaah dan pelantikan dilaksanakan di pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas oleh Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein. turut hadir menyaksikan Seluruh Kepala SKPD di Kabupaten Banyumas

Dari 177 Pejabat yang dirotasi terdiri dari 13 Pejabat eselon II, 46 Pejabat eselon III, 116 Pejabat eslon IV dan 2 pejabat eselon V dengan rincian 4 orang promosi dari eselon III/a ke II/b, 22 orang dari eselon IV/a ke III/b,45 orang dari eselon IV/b dan fungsional umum ke IV/a dan 2 orang promosi di eselon

4 pejabat eselon III/a promosi ke eseelon II/b antara lain Drs. Asis Kusumandani sebelumnya Kepala Kantor Diklat kabupaten Banyumas eselon III/a promosi ke eselon II/b demikiaan juga Suyanto, SH.M.Hum Sekretaris Bapelluh KP,menempati jabatan Staf Ahli bidang Pemerintahan eselon II/b , Drs. Sugeng Hardoyo sekretaris Bapermas PKB promosi ke staf ahli bidang Pemerintahan, dan Ir. Eko Prijanto, MT Sekretaris Bappeda menjadi Kepala Bappeda Kabupaten Banyumas.

sementara eselon II yang lain hanya mutasi jabatan pada eselon yang sama antara lain Drs. Purwadi Santoso Asspemin ke Kepala Dinas Pendidikan, Ir.Tjutjun Sunarti Riochidie, M.Si Asekbang kesra menjadi Kepala Dinpertanbunhut, Drs. Nugroho Purwoadi, MM Kepala BKD menempati jabatan Aspemin, Ir. Didi Rudwiyanto, SH.M.Si semula Kepala Bappeda Kabupaten Banyumas menempati jabatan baru sebagai Asekbang dan Kesra

Ir.Widarso, MT Kepala Dinpertanbunhut menjadi Bappeluh KP yang sudah lama kosong, Achmad Supartono Kepala Dinporabudpar menempati jabatan baru sebagai Kepala BKD, Kartiman SH.M.Hum Kepala Satpol PP menjadi Kepala Dindukcapil, Dra.Rusmiyati, M.Mpd staf ahli bidang pembangunan menjadi kepala Satpol PP, untuk jabatan Kepala Dinporabudpar sementara masih kosong,hal unik yang baru pertama kali di Kabupaten Banyumas adalah jabatan Kepala Satpol PP dijabat oleh perempuan.

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, apabila seluruh pegawai memaknani lagu Himne abdi praja dimasukan dalam hati dan diresapi makan akan majulah Indonesia, untuk itu kepada seluruh pegawai untuk dapat menghayati dan melaksanakan sebagaimana makna himne abdi praja.

Husein juga menyampaikan, tahun 2014 adalah tahun infrastruktur bagi kabupaten Banyumas juga tahun pelayanan dan tahun percepatan, diharapkaan seluruh pegawai untuk terus bekerja keras untuk mensukseskannya sehingga masyarakat akan lebih puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Husein menambahkan, Dalam birokrasi pemerintahan, pelantikan pejabat struktural, baik rotasi / mutasi maupun promosi pejabat, merupakan suatu hal yang biasa, bahkan memiliki peranan yang sangat penting bagi kepentingan organisasi, kepentingan pejabat yang bersangkutan, dan kepentingan publik. selain sebagai bagian dari pola pembinaan karier pns, proses mutasi jabatan juga sangat diperlukan untuk memantapkan dan meningkatkan kapasitas kelembagaan.
artinya, proses mutasi jabatan, baik yang bersifat horizontal maupun promosi, telah dilakukan melalui mekanisme dan pertimbangan yang matang, tidak “ujug-ujug” dan bukan pula karena faktor “like and dislike”. kesemuanya itu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kinerja pejabat yang pada akhirnya diharapkan akan meningkat pula kinerja organisasi. oleh karenanya, janganlah mutasi jabatan dianggap sebagai suatu “pembuangan” sehingga membuat kita kerja tidak diimbangi dengan keikhlasan dan kesungguhan.
Husein juga menyampaikan tuntutan masyarakat terhadap percepatan dan perbaikan pelayanan publik sangat besar. tentunya membutuhkan sosok sumber daya manusia birokrasi pemerintah yang bersih dan profesional, memiliki kompetensi, kreasi dan inovasi, memahami tugas dan fungsi masing-masing, serta dapat memahami secara mendalam realitas dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.
kepada pejabat yang baru diambil sumpah dan dilantik, husein berpesan, hendaknya memahami dan menyadari bahwa jabatan adalah amanat, dan amanat tersebut harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan di pundak saudara.
untuk itu, Husain minta untuk segera melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan semua elemen dalam skpd / unit kerja saudara, serta melakukan orientasi tugas dengan mempelajari dan melaksanakan tugas pokok dan fungsi dalam jabatan saudara yang baru. perlu disadari, dengan pelantikan ini berarti ada tantangan serta tanggungjawab baru di hadapan saudara. hal tersebut menuntut saudara untuk bekerja keras, agar keberadaan saudara benar-benar berdaya guna dan berhasil guna, sesuai pertimbangan ditempatkannya saudara pada jabatan yang baru (WAHYONO - Humas dan Banyumas}


06 01 2014 10:05:3