3 Kades dilantik Bareng

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO - 3 kepala Desa hasil pemilihan Kepala Desa tanggal 14, 16, dan 31 Desember 2013, jum'at 17 Januari 2013 dilantik oleh Wakil Bupati dr. Budi Setiawan atas nama Bupati Banyumas di Pendopo Si Panji Kabuapten Banyumas. 3 Kepala Desa tersebut masing-masing adalah Sumarno sebagai Kepala Desa Bantar Kecamatan Jatilawang, Sholihin sebagai Kepala Desa Kalitapen Kecamatan Purwojati dan Misnan sebagai Kepala Desa Purwodadi Kecamatan Tambak.

 

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan Kades dihadiri oleh komisi A DPRD Forum Pimpinan Daerah (forkompinda) Para Staf ahli, Para Asisten , Kepala Dinas Lemtekda Kabupaten Banyumas, camat sek Kabupaten Banyumas, dan BPD serta pantia pemeilihan Kepala Desa dari masing-masing Desa lokasi terlantik.

 

Terpisah Kepala Bagian Pemeriantahan Setda Kabuapten Banyumas Agus Suprianto, S.IP, M.Si mengatakan, Pelantikan 3 Calon Kades adalah untuk Pemilihan pada desa-desa yang masa jabatan Kades berakhir 17 Januari 2014 kecuali kades Purwodadi yang kosong sejak bulan April 2013 karena mengundurkan diri mendaftar sebagai Calon Legeslatif pada partai tertentu.



Agus menambahkan, pelantikan 3 kades merupakan hasil dari pilkades yang terakhir di tahun 2013 karena walaupun di tahun 2014 ada 9 kades yang berakhir masa jabatannya tidak dilaksanakan pilkades karena pada tahun 2014 adalah tahun politik dan baru akan dilaksanakan Pilkades pada tahun 2015, untuk kekosongan jabatan akan dilaksanakan oleh Pejabat sementara.

 

Terkait dengan tunjangan jaminan kesehatan untuk perangkat Desa, Agus menjelaskan, jaminan kesehatan perangkat desa sebesar Rp. 50.000 per jabatan yang bersumber dari 70% APBD Kabupaten Banyumas dan 30% APBD Provinsi Jawa Tengah TA 2014 yang akan direalisasikan segera setelah proses DPA selesai.



Mengawali sambutannya Wakil Bupati Banyumas dr. Budi Setiawan menyampaikan pengambilan sumpah dan dilantiknya kepala desa, merupakan bentuk kepercayaan, kehormatan, dan amanat pemerintah daerah dan warga masyarakat kepada kades, untuk memimpin dan membangun desa agar menjadi lebih baik dan sejahtera. untuk itu, pengambilan sumpah dan pelantikan kades, hendaknya bisa dijadikan momentum sekaligus dimaknai sebagai ”titik awal yang baik” untuk menyelenggarakan pemerintahan desa, membangun desa, serta memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan.

 

Untuk itu dr. Budi berpesan agar para kades yang baru dilantik dan diambil sumpah agar bekerja dengan benar, jujur, ikhlas, serta lempeng tur mempeng, dengan melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai kades dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya, serta mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang mengatur desa, terutama yang berkaitan dengan tugas, wewenang, kewajiban, serta hak dan larangan kades, wajib menjaga adat istiadat, kebiasaan, kearifan lokal dan karakteristik desa masing-masing; sehingga tidak berbenturan dengan kebiasaan yang ada; serta menjaga kerukunan masyarakat dan mengoptimalkan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan desa, bersikap adil dan tidak pilih kasih.



Kades juga diharapkan bisa ngemong, ngayomi dan ngayemi semua warga, sehingga akan terwujud tatanan kehidupan desa yang kondusif, dinamis, dan kreatif. seta harus bisa menjadi teladan / panutan bagi perangkat desa dalam hal kedisiplinan, maupun dalam bersikap, bertindak dan bertingkah laku.

 

Mengakhiri sambutannya dr. Budi menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para ketua BPD, penjabat kades, dan para perangkat desa, khususnya mantan kades periode 2008-2014, atas dedikasi dan pengabdiannya selama menjalankan tugas-tugas pemerintahan desa maupun dalam pelaksanaan pilkades tak lepas kepada camat, kapolsek dan danramil serta panitia Pilkades sehingga pilkades berjalan dengan aman, lancar, sukses dan demokratis.

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda kabupaten Banyumas


18 01 2014 07:34:2