Staf Ahli Bukan Jabatan Pajangan

Kabupaten Banyumas

Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono Msi didampingi 5 Staf Ahli Bupati Banyumas, menerima kunjungan kerja Tim Staf Ahli dari Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Kamis (13/2) kemarin di Ruang Rapat Staf Ahli Bupati Banyumas.

Kunjungan Staf dua orang Staf Ahli dari empat orang Staf Ahli Bupati Ciamis tersebut juga diikuti 3 orang pendamping.

Dalam sambutanya Sekda Banyumas mengatakan bahwa terkait dengan Jabatan staf ahli ini, banyak masyarakat yang memahaminya sama dengan non job atau tidak punya jabatan. Untuk itu, Sekda memberikan penjelasan bahwa staf ahli itu bukan non job, tetapi merupakan pejabat eselon II b, sehingga mempunyai kualifikasi sama dengan Kepala Dinas atau Badan.

“Eksistensi mereka sangat penting dalam membantu tugas-tugas Bupati. Bukan hanya jabatan klise atau pajangan apalagi buangan. Kalau hanya demikian, tentu pemerintah tidak akan membuat jabatan itu. Karena kualifikasi sama fasilitas seorang staf ahli seperti tunjungan, sama persis dengan pejabat eselon IIb yang menjadi Kepala Dinas atau Badan,” kata Wahyu.

Memang kinerja staf ahli lebih banyak berada di kantor, hal ini memang sesuai dengan tugas pokoknya yaitu memberikan analisa dan telaahan terkait aturan-aturan dan kondisi yang sedang terjadi di masyarakat kepada bupati. “Kami memiliki 5 staf ahli yang mempunyai tugas berbeda. Mereka adalah Abdulah Muhamad, SH, Ir Wisnu Hermawanto, M.Si, Drs Sugeng Hardoyo, Muntorikin, SH dan Suyanto, SH” lanjutnya

Wahyu juga menjelaskan dalam menjalankan perkerjaanya Staf Ahli dibantu bagian administrasi dan umum. “Setiap Senin Bupati Banyumas mengadakan rapat koordinasi sekaligus sarana Staf Ahli memberikan masukan setelah melakukan kajian dan telaahan terhadap peraturan dan kondisi yang sedang berjalan” kata Wahyu.

Wahyu juga mengatakan bahwa Banyumas dinilai baik oleh beberapa daerah, mengenai pemberdayaan fungsi Staf Ahli hal ini terlihat dari banyaknya kunjungan ke Banyumas. “Dalam seminggu ini ada tiga daerah yang berkunjung kemarin Banjar Patoman dan hari ini Ciamis” katanya

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


15 02 2014 12:07:50