Wujudkan Iklim Kondusif untuk mendukung Penanaman Modal

Kabupaten Banyumas

Wakil Bupati Banyumas dr. Budi Setiawan berharap pada tahun 2014 yang merupakan tahun politik agar selalu tercipta situasi yang kondusif untuk mendukung seukses Penanaman modal di Kabupaten Banyumas, demikian disampaikan pada sambutan pembukaan Sosialisasi Kebijakan Penanaman Modal Dalam Negeri Tahun 2014 di Hotel Aston Purwokerto, (5/3) kemarin.

Acara sosialisasi diikuti oleh Pimpinan Dinas Lemtekda Kabupaten Banyumas, para pengusaha di Kabupaten Banyumas dan selaku narasumber Anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Susilo, M.BA dengan materi pokok-pokok Kebijakan Ekonomi Pembangunan, , Dierektur Wilayah I BKPM RI, Ibu Dra. Arlina Ardisasmita, M.Sc  dengan materi  Tata Cara Perizinan dan Non Peerizinan Penanaman Modal  dan Direktur Wilayah II BKPM RI Bapak Endang Supriadi SE dengan materi Perubahan Peraturan Presiden tentang Daftar Bidang Usaha Yang Tertutup dan Terbuka dengan Penyertaan di Bidang Penanaman Modal.

Wabup Budi Setiawan menambahkan, untuk mempercepat pembangunan ekonomi nasional dan mewujudkan kedaulatan politik dan ekonomi di Indonesia diperlukan peningkatan penanaman modal untuk mengolah potensi ekonomi menjadi kekuatan ekonomi riil dengan menggunakan modal yang berasal, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Budi juga menambahkan, penanaman modal harus menjadi bagian dari penyelenggaraan perekonomian nasional dan ditempatkan sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pembangunan ekonomi berkelanjutan, meningkatkan kapasitas dan kemampuan teknologi nasional, mendorong pembangunan ekonomi kerakyatan, serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam suatu sistem perekonomian yang berdaya saing.

Kondisi tersebut hanya dapat tercapai apabila faktor penunjang yang menghambat iklim penanaman modal dapat diatasi, antara lain melalui perbaikan koordinasi antar instansi pemerintah pusat dan daerah, penciptaan birokrasi yang efisien,  kepastian hukum di bidang penanaman modal, biaya ekonomi yang berdaya saing tinggi, serta iklim usaha yang kondusif di bidang ketenagakerjaan dan keamanan berusaha. dengan perbaikan berbagai faktor penunjang tersebut, diharapkan realisasi penanaman modal akan membaik secara signifikan.

Mengakhiri sambutannya Budi berharap agar melalui sosialisasi dapat menjadi sarana pencerahan, meningkatkan pemahaman sekaligus menyamakan pandangan dari para pemangku kepentingan penanaman modal di kabupaten banyumas,dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pelayanan penanaman modal di Kabupaten Banyumas bisa berjalan dan diselesaikan dengan cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas

 


06 03 2014 14:33:04