Pimpinan Parpol Banyumas Ikrarkan Kampanye Damai

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Partai politik (parpol) di Banyumas, Sabtu (15/3) sepakat untuk menggelar kampanye dan pemilu damai, dan berintegritas. Kesepakatan itu ditandai dengan pembacaan ikrar oleh perwakilan 12 partai politik peserta pemilu, dan pelaksanaan karnaval simpatik.

Wakil Bupati Banyumas Budhi Setiawan, saat memberi sambutan mengatakan, waktu kampanye terbuka yang relatif pendek, agar disikapi dengan bijak. Sebab disamping pendek, juga ada ganjalan berupa jatah kampanye yang tidak merata di setiap daerah pemilihan, bagi partai politik yang berkompetisi di daerah.

"Ini memang menjadi ganjalan, tapi karena itu merupakan sebuah kesepakatan, semua diharapkan dapat menerima dengan legowo," tuturnya.

Bukan hanya partai politik, ia juga meminta agar para caleg untuk siap berbesar hati, menghadapi pemilu. Sebab, kata dia, dari 514 daftar calon tetap yang ada, hanya ada 50 orang yang akan terpilih untuk duduk di kursi DPRD Banyumas. Itu berarti, akan ada 464 caleg yang tidak terpilih.

"Semuanya harus siap menang, dan siap kalah, dan saya juga meminta dukungan dari semua pihak agar pemilu di Banyumas dapat berjalan dengan baik," harapnya.

Seperti terlihat di lokasi, ratusan mobil terlihat berjejer di sekitar Kantor KPU Banyumas yang berlokasi di Jalan HM Bachroen. di mobil-mobil tersebut terpasang berbagai atribut partai, seperti bendera, juga termasuk gambar caleg yang ditempel di badan mobil.

Karnaval simpatik ini digelar KPU Banyumas guna menyosialisasikan Pemilu 2014, sekaligus untuk ikrar kampanye damai bagi 12 Pimoinan Partai Politik di Banyumas. Kendaraan roda dua, dilarang ambil bagian dalam karnaval yang akan menempuh rute sejumlah ruas jalan di Purwokerto itu.

Menurut Ketua KPU Banyumas, Aan Rohaeni, dalam karnaval itu, setiap partai politik diberi kesempatan untuk mengirimkan maksimal 20 mobil. Dan, lanjutnya setiap partai politik, juga diminta menunjuk satu orang untuk menjadi koordinator lapangan, yang bertanggungjawab penuh terhadap pelaksanaan karnaval partainya.

"Sepeda motor dilarang diikutsertakan, selain itu kendaraan bak terbuka juga hanya digunakan sesuai dengan peruntukkannya saja," kata dia

Karnaval simpatik diberangkatkan dari KPU Banyumas, yang kemudian menempuh rute ke Pertigaan Mersi, Perempatan UMP, Pasar Tambaksari, Perempatan Larangan, Pertigaan Sokaraja, Pertigaan Kaliori, Patikraja, Perempatan Tanjung, Pertigaan Kalibogor, Perempatan SMAN 3, Perempatan Karangjambu, Pertigaan RS Geriatri, Perempatan Hotel Aston, Perempatan Rodamas, Pertigaan Kaliputih, Perempatan Sinar Kasih, dan kembali ke KPU Banyumas.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


17 03 2014 09:53:46