Kader PKK Harus Pandai Optimalkan Pekarangan

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO – 75 kader PKK Desa/Kelurahan mengikuti Pelatihan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan dan Penataan Tata Ruang Interior Rumah Tinggal, Rabu (19/3) di Sasana Wilis Purwokerto. Kegiatan yang digelar oleh Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Banyumas itu dibuka oleh Wakil Ketua TP PKK Dra. Lynawati Budhi Setiawan.

Dalam sambutanya Wakil Ketua Tim Penggerak PKK mengajak anggotanya untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman yang bermutu dan berkhasiat bagi keluarga dan masyarakat. “Optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan penanaman aneka macam tanaman produktif yang mempunyai nilai ekonomi akan sangat menunjuang ketercukupan pangan, sehingga akan meningkatkan ketahanan pangan” kata Lyna.

Disamping itu jika lingkungan dan halaman rumah dengan penataan yang terencana menjadi cerminan HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur dan Nyaman). “Untuk itu Pelatihan ini, sekaligus dipadukan dengan Pelatihan Penataan Tata Ruang serta Interior Rumah Tinggal, agar para kader pandai untuk mengatur rumah tinggal, bisa menjadi tempat tinggal dan hunian yang nyaman, asri dan menyejukan” lanjut Lyna.

Ketua Penyelenggara Hj Ngatiatun Santoso, S.Pd mengatakan bahwa materi yang  disampaikan antara lain Optimalisasi Pekarangan melalui konsep kawasan rumah pangan lestari (KRPL), soisialisasi menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) oleh Bapeluh KP, Penataan Tata Ruang dan Interior Rumah Tinggal serta Praktek diversifikasi olahan pangan berbasis labu kuning.

Sedangkan pembicara berasal dari Kantor DCKKTR, Bapeluh KP dan TP PKK Kabupaten Banyumas.

Hj Ngatiatun berharap agar para peserta pelatihan nantinya menjadi contoh masyarakat sekitar. “Ilmu yang diperoleh hendaknya disebarluaskan kepada masyarakat, dengan terlebih dahulu mempraktekan dirumahnya sendiri” harap Ngatiatun.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kab Banyumas (par)


20 03 2014 07:22:44