Banyumas Terima Penghargaan Bidang TIK.

Kabupaten Banyumas

Pemerintah Kabupaten Banyumas kembali mengukir prestasi di Kancah nasional dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu dengan diterimanya penghargaan  Indonesia Digital Society Award (IDSA) dari Menteri Dalam Negeri RI, penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan diklat Depdagri atas nama Menteri Dalam Negeri kepada Bupati Ir. H. Achmad Husain pada acara malam penghargaan IDSA yang digelar di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka Jl. Casablanka Raya Kav.88 Jakarta Rabu malam (7/5) Kemarin.

Kabupaten Banyumas meraih penghargaan sebagai runner up pertama (first runner up) bersama Kabupaten Lamongan, sedangkan runner up kedua (second runner up) adalah Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Kutai Timur, sedangkan terbaik (The Best Champion) diraih oleh Kabupaten Sleman untuk katagori government Kabupaten

Untuk government katagori kota , penghargaan terbaik (The Best Champion) diterima oleh Kota Surabaya, disusul Kota Yogyakarta dan Kota Bogor untuk runner up pertama (first runner up), dan  runner up kedua (second runner up) diterimakan kepada Kota Denpasar dan Kota Cimahi.

Sebelum pengumunan penghargaan pada  waktu yang sama bupati Achmad HusEin melaksanakan paparan mengenai penerapan dan pembangunan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) yang dilaksanakan oleh Kabupaten Banyumas  dihadapan Kepala Sub Direktorat Aplikasi Layanan Kepemerintahan Kemkominfo RI, Pengamat Telkomunikasi dan Informatika, Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan LPPM ITB, Founder & CEO Markplus, Inc dan para finalis lain serta pengunjung mall.

Kepala Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas Drs. Santoso Edi Prabowo yang turut mendampingi bupati Achmad Husain mengatakan, Penghargaan IDSA adalah ajang penghargaan untuk Pemerintah Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia mengenai penerapan dan pembangunan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kota/Kabupaten.

IDSA diadakan bertujuan untuk memetakan, mengukur dan mengapresisasi kota-kota dan kabupaten-kabupaten di Indonesia terkait kesiapan memasuki era digital. Selain itu, juga sebagai salah satu upaya meningkatkan penggunaan Teknologi, Komunikasi dan Informasi (TIK) di tiap Kota/Kabupatennya

IDSA diberikan berdasarkan survei tahunan oleh MarkPlus.Inc dengan dukungan penuh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Survey ini diadakan dalam rangka mengukur upaya digitalisasi di Indonesia dan peningkatan daya saing Kota dan Kabupaten di Indonesia di era globalisasi, komunikasi dan informasi.

Penilaian IDSA dikatagorikan menjadi 2 katagori yaitu Katagori Government dan Overall Society, untuk Katagori Government penilaian didasarkan pada pengukuran pemanfaatan teknologi digital (internet) untuk kegiatan birokrasi dan pelayanan masyarakat sedangkan overall Society didasarkan pada pengukuran pemanfaatan teknologi digital untuk kegiatan oprasional berbagai lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, UMKM swasta, serta masyarakat, dan Kabupaten Banyumas sebagai juara 1 katagori Government.

Kriteria penilaian IDSA didasarkan pada empat aspek (initiative, leadership, usership, dan benefit) dan dilakukan pada lima pihak (Pemerintah Daerah, Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelayanan Kesehatan, UKM Swasta, dan Masyarakat) .

Beberpa program dan kegiatan yang dijalankan oleh Kabupaten Banyumas sehingga menjadi runner up pertama (first runner up) diantaranya dari inisiatif yaitu Banyumas telah memiliki Perda Nomor :  4 Tahun 2012 tentang Rencana Induk Pengembangan E Government , leadership yaitu adanya prakarsa Bupati Achmad Husain yang menerapkan TIK di Jajaran Pemkab Banyumas,  usership yaitu masing-masing SKPD sudah melaksanakan TIK dan benefit yaitu adanya manfaat yang dirasakan berupa lebih transparan, efektif, efisien dan menyenangkan masyarakat

Bupati Achmad Husain usai menerima penghargaan mengatakan, upaya untuk menciptakan budaya kerja yang efektif dan efisen di Kabupaten Banyumas mulai dirasakan yaitu dengan berbagai program layanan dengan menggunakan TIK antara lain E-Office, SIAP, SIMDES, SIMDA, SIMBADAMAS, SIMPUS, SIPPD, JDIH Wibesite protal dan sub domain, LPSE dan lain-lain

Husain juga mengapresiasi atas sikap semua pimpinan SKPD di Banyumas yang mulai menerapkan berbagai layanan masyarakat dengan menggunakan electronik sehingga diharapkan akan lebih mudah, cepat, murah dan masyrakat akan lebih senang dan nyaman dalam menerima pelayanan dan informasi.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


08 05 2014 15:39:05