Desa Gumelar Maju Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabupaten Banyumas

Desa Gumelar, Kecamatan Gumelar dinilai oleh Tim Lomba Desa Tingkat Propinsi Jawa Tengah, Sabtu 31/5 kemarin. Tim yang beranggotatakan 11 orang itu dipimpin oleh Raidun, SH, M.Hum.

Rombongan diterima oleh Bupati Banyumas, Tim Penggerak PKK, Muspika serta Pemerintah Desa dan masyarakat Gumelar.

Tari lengger banyumasan yang dibawakan oleh 5 orang anggota karang taruna menyambut tim yang diterima di balai desa setempat.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein berterima kasih dan meyambut baik kehadhiran tim di Banyumas. “Kami persilahkan semua Tim menilai dengan sebenar-benarnya, karena masyarakat Gumelar memang Cablaka dan apa adanya” pinta Bupati.

Sudah menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Gumelar, bisa dihadiri oleh Tim yang berasal dari berbagai Instansi dan lembaga. “Hal ini akan semakin meningkatkan gairah masyarakat untuk membangun desanya” lanjut Bupati

Bupati juga berjanji apabila Desa Gumelar bisa mewakili Lomba Desa Tingkat Propinsi, akan meningkatkan ITC nya. “Karena tekhnologi informasi dan komunikasi mulai saat ini sudah menjadi kebutuhan dan bisa meningkatkan perekonimian de desa” janji Bupati.

Ketua TIM Raidun mengatakan bahwa Tim yang dipimpinya hanya melaksanakan cros cek atas data yang telah dikirim ke tingkat propinsi. “Desa Gumelar sudah luar biasa karena sudah masuk 6 besar tingkat propinsi. Bagaimana tidak luar biasa karena mejadi enam terbaik dari 7809 desa yang ada di Jawa Tengah” katanya.

Kepala Desa Gumelar Susilo Urip Suprapto, S.Si memaparkan kinerja pemerintah desa yang dipimpinya selama kurun waktu satu tahun. Mulai dari kinerja pemerintahan, sarana dan prasarana dan wajah desa, kelembagaan desa, partisipasi masyarakat sampai orbitrasi produk unggulan desa. “Perlu saya sampaikan bahwa Gumelar memiliki beberapa unggulan antara laun Kelompok Tani Kambing Pegumas, Kelompok Usaha Tapioka dan lain sebagainya” Kata Prapto.

Prapto juga menyampaikan bahwa partisoipasi masyarakat, pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat juga berjalan dengan baik. “Kami persilahkan Bapak Ibu melihat dari dekat kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Gumelar” kata Kades Gumelar.

Proses penilaian tidak hanya data yang ada di kantor desa, namun juga dilaksanakan cek lapangan. Tim di bagi sesuai bidangnya.

Pada acara kesan pesan Ketua Tim Raidun menyampaikan beberapa catatan antara lain partisipasi, kesehatan dan pendidikan masyarakat menilai bagus sekali, usaha ekonomi juga berjalan sangat baik terbukti dengan adanya Pegumas dan Kelompok Usaha Tepung ''Menurut saya, Desa Gumelar layak menjadi juara'' kata Ketua Tim Raidun.

''Dengan indikator adanya forum kesehatan masyarakat sudah berjalan sesuai dengan bidangnya, untuk perekonomian masyarakat berjalan baik, serta data yang ada sudah bagus,'' katanya.

Diakhir kegiatan Kades Gumelar mengatakan optimis mampu menjadi juara mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional. “Dengan menyimak kesan pesan Tim dan berbagai indikator serta kenyataan yang didukung data dan fakta di lapangan kami Optimis mewakili Jawa Tengah pada Lomba Tingkat Nasional” kata Prapto.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kab. Banyumas


02 06 2014 08:03:33