TMMD Sengkuyung I Sokawera Cilongok Ditutup

Kabupaten Banyumas

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Tahun 2014 yang dipusatkan di Desa Sokawera  Kecamatan Cilongok, Selasa (10/6) kemarin, secara resmi ditutup. Penutupan dilakukan oleh Bupati Banyumas, Ir. H. Achmad Husein dalam upacara yang berlangsung di lapangan desa setempat. Penutupan ditandai dengan pembacaan sambutan penutupan dari Gubernur Jateng dan pemukulan kenthongan oleh bupati. Selanjutnya Dandim 0701/Banyumas, Letkol. Infantri  Asep Afandi   menyerahkan laporan hasil pembangunan kepada Bupati, dan keduanya melakukan penanda tanganan berita acara penyerahan kegiatan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulis  yang di bacakan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein menyampaikan, Kegiatan TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementrian, lembaga Pemerintah Non Kementrian dan Pemerintah Daerah  yang diharapkan dapat memadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan yang akan berdampak positif terhadap peningkatan roda perekonomian daerah pedesaan karena terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil

Gubernur juga mengatakan, untuk mewujudkan berbagai kegiatan dalam TMMD baik fisik maupun non fisik akan lebih membuka wawasan masyarakat pedesaan akan berbagai dinamika dalam kehidupan baik bernegara maupun bermasyarakat yaitu semangat rasa kebangsaan dari penuyuluhan wawasan kebangsaan dan berbagai peningkatan SDM baik bidang pertanian maupun bidang-bidang lainnya sehingga upaya untuk mewujudkan peningkatkan kesejahteraan masyarakat dan  kedaulatan pangan yang menjadi tekad kita untuk mewujudkan Jawa Tengah yang sejahtera dan berdikari serta penurunan angka kemiskinan akan tercapai.

Gubernur juga menyampaikan, untuk pelaksanaan pembangunan  Jawa Tengah 5 Tahun kedepan akan diarahkan untuk mewujudkan visi menuju Jawa Tengah yang Sejahtera dan Berdikari dengan menerapkan trisakti Bung Karno sebagai spirit membangun yaitu berdaulat secara politik dengan menjalankan pemerintah yang berpihak kepada rakyat dan tidak mengijinkan investasi pihak asing, berdikari secara ekonomi dengan tidak mengimpor barang yang diproduksi dalam negeri dan berkepribadian dalam kebudayaan dengan melaksanakan pembangunan yang bernafaskan kebudayaan dan kearifan lokal.

Mengakhiri sambutannya Gubernur meminta, pelaksanaan TMMD kedepan hendaknya mampu menjadi daya ungkit bagi perwujdukan masyarakat Jateng yang sejahtera dan berdikari, sasaran fisik merupakan kebutuhan riil masyrakat, peran dan kerjasama sinergis antar stake holder sebagai kunci sukses TMMD, pelaksanaannya lebih sengkuyung dalam semangat kegotongroyongan, dan memanfaatkan hasil pelaksanaan TMMD yang telah dicapai melalui fisik dan non fisik untuk meningkatkan kegiatan per ekonomian masyarakat.

Terpisah usai upacara, Kepala Bapermas PKB Kabupaten Banyumas H. Taefur Arofat M.Pdi  mengatakan dalam kegiatan TMMD sengkuyung Tahap 1 Tahun 2014 telah  diselesaikan berbagai kegiatan, baik kegiatan fisik maupun non fisik yang terbagai dalam sasaran pokok berupa Pengaspalan jalan  2.219 m x  2 m dan sasaran tambahan berupa pemugaran Rumah Tidak Layak Huni 10 unit, Perbaikan Musholla 2 unit dan pembuatan pos kamling 2 unit serta sasaran lain berupa rehab pos kamling 2 unit, rehab RTLH 4 unit dari bantuan PNPM-MPD Kecamatan Cilongok, Rehab Masjid 1 unit dan Pembangunan talud 80 m, dengan tingkat penyelesaian secara keseluruhan 100%.

Taefur menambahkan, dari 25 kegiatan non fisik dapat dilaksanakan dan diselesaikan tepat pada waktunya, diantaranya berupa  pasar murah, pelayanan KB/Kesehatan, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Sosialisasi SKB 3 menteri tentang pengawasan aliran kepercayaan, penyuluhan kamtibmas, sosialisasi mengenai pengadilan Negeri, Penyuluhan peran Satpol PP dalam penegakan perda, Penyuluhan budidaya ternak kambing serta budidaya lele dalam terpal, sosialisasi GNKPA,Sumur resapan, pengelolaan sampah dan penyerahan bantuan alat bor biopori, penyuluhan SL PTT tanam padi, dan berbagai kegiatan lainnya yang dibutuhkan oleh masyrakat setempat.

Taefur juga mengatakan, walaupun dalam pelaksanaannya sering ditemui hambatan, tetapi secara umum penyelenggaraan TMMD Sengkuyung I tahun 2014 berjalan dengan lancar, dan selesai dengan baik dan tepat waktu. dan berharap hasil-hasil yang telah dicapai melalui kegiatan TMMD tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam hal peningkatan prasarana transportasi yang diharapkan turut meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, juga menumbuhkan motivasi dan prakarsa membangun, serta meningkatkan peran masyarakat sebagai subyek pembangunan.

Upacara penutupan TMMD dihadiri oleh Anggota Forum Pimpinan Daerah (Forkompinda), Kepala Dinas instansi, Camat se Kabupaten Banyumas, tokoh masyarakat dan tokoh agama se Kecamatan Cilongok dan diakhiri dengan peninjauan hasil-hasil TMMD yang diawali dengan peresmian jalan wijayakusuma yang merupakan salah satu jalan dalam sasaran pokok kegiatan TMMD yang kondisinya telah ditingkatkan/diaspal.

Sumber : Bagian Humas & Protokol Setda Kabuapten Banyumas


11 06 2014 12:47:59